Nusantara   2023/04/04 15:29 WIB

12 Jalan Tol Siap Dilalui Saat Mudik Lebaran 2023, 'yang Terbentang dari Lampung Hingga Aceh'

12 Jalan Tol Siap Dilalui Saat Mudik Lebaran 2023, 'yang Terbentang dari Lampung Hingga Aceh'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Berdasarkan data yang dikutip dari monitoring progres konstruksi jalan tol Sumatera yang dirilis Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), 12 jalan tol itu terbentang dari Lampung hingga Aceh. 

Berikut Data dan Lokasi 12 Jalan tol tersebut:

Ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung (Waskita Sriwijaya)

1. Tol Kayu Agung-Jakabaring 

2. Tol Jakabaring-Jalintim  

Ruas Tol Medan - Binjai (PT Hutama Karya)

3. Tol Tj Mulia - Marelan

4. Tol Helvetia - Marelan

5. Tol Helvetia - Sei Semayang

6. Tol Sei Semayang - Binjai  

Ruas Tol Sigli-Banda Aceh (PT Hutama Karya)

7. Tol Seulimeum-Jantho

8. Tol Jantho-Indrapuri
9. Tol Indrapuri-Blang Bintang  

Ruas Tol Pekanbaru-Padang (Hutama Karya)

10. Tol Pekanbaru-Bangkinang 

Ruas Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu (PT Hutama Karya)

11.Tol Taba Penanjung-Bengkulu 

Ruas Tol Binjai-Langsa (PT Hutama Karya)

12. Tol Binjai-Stabat

Tak hanya itu, pemudik juga bisa beristirahat di 21 rest area permanen dan 4 rest area temporary yang tersebar di jalan Tol Sumatera yang operasi selama libur lebaran 2023. 

25 rest area ini menyediakan 1.211 tenant dimana 739 diantaranya telah terisi. Jalan Tol Trans Sumatera secara total memiliki panjang 2.704 kilometer. 

Sampai sekarang ruas jalan tol ini sebagian telah selesai dilaksanakan. Hingga Desember 2022 telah beroperasi sekitar 549 km tahap 1 jalan tol trans Sumatera di Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Riau, Sumatera Utara dan Aceh.

Ruas jalan tol trans Sumatera yang masih dalam tahap konstruksi ada 515 km. Sehingga total ruas jalan tol yang sudah beroperasi dan sedang dalam tahap konstruksi yang tergabung dalam tahap I adalah 1.064 Km. 

Pada tahap II, ditargetkan tol sepanjang 574 Km bisa mulai dikerjakan. Tahap II akan fokus pada jalan tol Betung-Tempino-Jambi dengan panjang 169 Km, jalan tol Jambi-Rengat bentangannya 197 Km dan jalan tol Rengat-Pekanbaru sepanjang 207 Km.

Adapun seksi jalan tol trans Sumatera lain yang masih dikerjakan HKI yakni Tol Binjai-Pangkalan Brandan (46 km), Tol Indralaya-Prabumulih (65 km) dan telah selesai dan diresmikan Presiden Jokowi baru-baru ini yaitu Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Adapun di tahun 2023, HKI masih konsentrasi menyelesaikan ruas-ruas jalan tol trans Sumatera lainnya seperti Tol Indralaya - Prabumulih yang diperkirakan akan selesai 2023.

Dalam rilis resminya, Direktur Utama HKI Aji Prasetyanti mengatakan, Tantangan menyelesaikan ruas-ruas jalan tol trans Sumatera cukup bervariasi.

Di proyek Tol Binjai-Pangkalan Brandan Zona II-IV misalnya, pihak HKI harus menghadapi tantangan terkait anomali tanah, kontur yang ekstrem dan curah hujan yang cukup tinggi.

Sementara, dalam Proyek Pembangunan Jalan Tol Indralaya Prabumulih, HKI harus mampu mengatasi tantangan terkait tanah rawa yang cukup panjang di daerah pembangunan jalan tol tersebut dan tanah lunak di ujung trase.

Hutama Karya selaku pengembang mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera secara resmi mengumumkan akan menyelesaikan 5 ruas jalan tol di Pulau Sumatera tahun 2024. 

Target penyelesaian proyek jalan tol trans Sumatera ini, terkait pula dengan upaya menyatukan akses dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera, juga sebaliknya, agar roda perekonomian antar kedua pulau ini semakin cepat dan semakin bangkit. (*)

Tags : jalan tol, 12 jalan tol siap dilalui, jalan tol siap dilalui di mudik lebaran 2023, jalan tol terbentang dari lampung hingga aceh,