Headline Rokan Hilir   2020/03/30 20:15 WIB

Tim Kecamatan di Rohil Pantau Ancaman Corona

Tim Kecamatan di Rohil Pantau Ancaman Corona

ROKAN HILIR, RIAUPAGI.com - Tim Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan (TPTM), Rokan Hilir (Rohil) melakukan pemantauan ancaman dampak Virus Corona (Covid 19).

Tim terdiri dari stoke holder terkait pihak Puskesmas dan Pemerintah kecamatan TPTM melakukan tugasnya seiring meningkatnya Orang Dalam Pantauan (ODP) di Rohil. Camat TPTM, Robby Kurniawan S.STP MSi melalui Sekretaris kecamatan (Sekcam) Ninik Supraniyati SP mengatakan, pihak pemerintah kecamatan dan Puskesmas dengan stoke holder terkait dan Upika terus melakukan pemantauan dan berkoordinasi, kita sangat wanti wanti dalam kewaspadaan penularan Corona, sebutnya, Senin (3/3/2020).

Kita telah sampaikan kepihak kepemerintahan kepenghuluan (desa) untuk memberikan himbauan terhadap warganya melakukan pembatasan aktivitas diluar rumah termasuk keluarganya, untuk menjaga dan memutus penularan Covid 19 ini, ujarnya.

Melalui Upika maupun pihak Polsek, Ramil juga melakukan himbauan terhadap warga melalui patroli keliling memakai Kenderaan dan alat pengeras suara untuk waspada mengawasi keluarga agar mengurangi kegiatan diluar rumah, sampai dinyatakan aman terhadap serangan Covid 19.

Kepala Puskesmas Tanah Putih Tanjung Melawan dr Suaidah Rambe juga mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan tindakan melalui sosialisasi bersipat himbauan dan menganjurkan warga memperhatikan kesehatan, bila ada gejala hal hal yang tidak pernah dialami untuk segera melakukan pengecekan ke Puskesmas selaku posko Covid 19 kecamatan TPTM.

Pustu pustu yang ada kita aktifkan terus melalui petugas yang diunjuk dan siap untuk melayani masyarakat, kata dr Suaidah.

Menurutnya, saat ini pihak petugas Puskesmas terus melakukan pelayanan dan stanbay di posko Covid 19. Petugas kesehatan dibekali obat obat yang dianggap mampu sebagai penangkis virus Corona, kita terus melakukan persiapan persiapan baik petugas di Puskesmas menjaga hal hal yang tak terduga, sebutnya.

Dia menghimbau masyarakat kiranya bila ada kedatangan tamu atau keluarga dari luar daerah untuk segera melaporkannya ke pihak RT setempat, guna dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan terdekat.

Virus Covid ini sulit untuk dilumpuhkan, karena sangat cepat reaksinya merusak kesehatan dan stamina organ tubuh terutama yang lemah pisik dan lanjut usia. Biasakan mencuci tangan memakai sabun setiap kembali kerumah dari luar serta atur pola makanan yang benar benar terjamin kebersihan, dan kurangi mengkonsumsi makanan kemasan yang tidak kita ketahui kebersihan pembungkus maupun isinya, ucapnya. (rp.amd/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : -,