Headline News   2020/04/26 20:58 WIB

Gubri Syamsuar: Manfaatkan Lahan Kosong

Gubri Syamsuar: Manfaatkan Lahan Kosong

PEKANBARU - Di tengah situasi pandemi virus corona (Covid-19) seperti sekarang, tentunya ketersediaan pangan bagi masyarakat banyak harus terjamin. Sebab itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar minta Bupati/Walikota se-Riau untuk dapat memanfaatkan lahan kosong guna bisa ditanami tanaman pangan.

Saya telah meminta kepada bupati/walikota se-Riau, untuk dapat memanfaatkan lahan yang terlantar/kosong agar bisa ditanami tanaman pangan. Baik itu tanaman padi, jagung, ataupun tanaman singkong, sebut Gubri Syamsuar didepan media, Jumat (24/4/2020).

Gubri juga mengharapkan kerjasama antara Dinas Pertanian Riau dengan Dinas Pertanian Kabupaten/Kota dalam memanfaatkan lahan kosong yang ada di daerah - daerah. Untuk masalah kesiapan bibit kita telah siapkan, seperti bibit jagung dan padi sudah ada. Dan juga sagu yang dapat juga sebagai bahan pangan, ujarnya.

Bagi perusahaan perkebunan yang ada di Riau juga diharapkan bisa melakukan antisipasi ketahanan pangan dengan memanfaatkan tanam sela di lahan perkebunan. Jadi perusahaan juga bisa tanami tanaman di sela - sela tanaman sawitnya, seperti jagung dan lain sebagainya. Dan begitu juga dengan masyarakat yang sawitnya direplanting, supaya dapat juga memanfaatkan tanaman sela, tuturnya. (*)

Tags : -,