News Kota   2023/10/18 8:41 WIB

6 Ton Beras Ludes Saat Dinas Ketahanan Pangan Lakukan Operasi Pasar Gerakan Pangan Murah

6 Ton Beras Ludes Saat Dinas Ketahanan Pangan Lakukan Operasi Pasar Gerakan Pangan Murah

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru melakukan Operasi Pasar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kelurahan Bencah Lesung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru pada Senin 16 Oktober 2023.

"6 ton beras ludes saat operasi pasar gerakan Ppangan murah."

"Begitu antusiasme yang tinggi dari masyarakat, suplai sembako yang diperdagangkan pada GPM bahkan tidak mencukupi meski beberapa komoditas sudah ditambahkan," kata Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Mahyuddin, Selasa (17/10).

Ia merasa terkesan dengan penyaluran beras di GPM habis terjual, antusiasme masyarakat pun terlihat.

Kegiatan GPM tersebut juga mendapatkan dukungan dari pemerintah Kecamatan, yang membantu memfasilitasi pelaksanaan GPM di lokasi ini, yang dikenal sebagai daerah Rentan Rawan Pangan di Kota Pekanbaru.

Mahyuddin berharap, kegiatan semacam ini akan terus dapat dilakukan di tempat yang sama guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan pangan.

"Saat ini, seperti beras mengalami kenaikan harga. Dengan adanya GPM ini, kita harapkan bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan beras maupun komoditas pangan lainnya dengan harga yang pastinya lebih murah dibandingkan harga di pasar," kata Mahyuddin.

Dalam pelaksanaan GPM ini, masyarakat mengalami penurunan harga berbagai komoditas. Contohnya, beras SPHP yang dijual dengan harga Rp53 ribu per karung, bawang Rp15 ribu/kg, Minyakita Rp13 ribu dan gula pasir Rp14 ribu/kg.

Harga-harga tersebut menawarkan penghematan yang signifikan dibandingkan dengan harga pasar.

Sementara itu, Kabid Distribusi dan Ketahanan Pangan, Dinal Husna menyatakan, antusiasme masyarakat terhadap GPM kali ini sangat luar biasa dan melampaui perkiraan.

Pihaknya bahkan meminta penambahan alokasi untuk berbagai komoditas seperti beras, bawang, telur dan gula pasir.

"Jumlah suplai awalnya tidak mencukupi, sehingga kami meminta penambahan alokasi dari Bulog," ungkap Dina.

Misalnya, alokasi beras awalnya 5 ton dan ditambah 1 ton oleh Bulog, bawang semula 100 kilogram dan ditambah 50 kilogram, serta penambahan papan telur ayam ras dari 100 papan menjadi 150 papan.

Masyarakat yang datang ke GPM merasa senang dengan kesempatan membeli bahan pangan dengan harga lebih terjangkau.

Keberhasilan pelaksanaan GPM di Kelurahan Bencah Lesung ini menjadi bukti inisiatif semacam ini bisa memberikan manfaat besar dan mendukung ketahanan pangan di wilayah tersebut. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : pasar murah, operasi pasar gerakan pangan murah, gpm, dinas ketahanan pangan pekanbaru gelar operasi pasar gpm, News Kota,