Bisnis   2024/03/06 11:13 WIB

Ada 10 Usaha Rumahan Bisa Berkembang dan Bertahan, 'yang Cocok untuk Pebisnis Pemula'

Ada 10 Usaha Rumahan Bisa Berkembang dan Bertahan, 'yang Cocok untuk Pebisnis Pemula'

PEKABARU, RIAUPAGI.COM - Banyak sekali jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya dan bisa dijalankan oleh kalian yang pemula sekalipun hanya di rumah.

Yang cocok untuk pemula adalah jenis usaha rumahan yang mudah dijalani dan membutuhkan modal yang relatif lebih kecil dari jenis usaha lainnya.

Kalian penasaran apa saja jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya dan beberapa tips untuk memulainya, serta cocok dijalankan bagi pemula sekalipun, yang bisa jadi pertimbangkan saat ingin membuka sebuah usaha.

Bila teman-teman ingin mencoba 10 usaha rumahan dan beberapa tips cara untuk memulainya simak artikel yang dilansir Timenews.co.id yang dikutip dari Youtube @AFH CHANNEL Selasa, 27 Februari 2024.

1. Berjualan Sembako

Berjualan sembako bisa menjadi salah satu bisnis atau usaha rumahan yang tidak ada matinya alasannya sederhana semua orang perlu sembako untuk keperluan sehari-hari.

Adapun jenis sembako yang bisa dijual seperti beras, tepung, minyak goreng, telur, bumbu dapur, gula, teh dan lain sebagainya.

Berjualan sembako menjadi salah satu jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena lokasinya yang bisa berada di depan rumah saja.

Cobalah untuk berjualan jenis sembako selengkap mungkin agar pembeli makin tertarik berbelanja di tempat kalian, siapa tahu ini merupakan usaha rumahan yang bisa dikembangkan lebih lanjut lagi.

2. Jasa Laundri

Bagi orang-orang yang memiliki aktivitas padat mereka jarang punya waktu untuk mencuci pakaian sendiri peluang ini sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha jasa laundri.

Usaha laundri ini lumayan cukup mudah termasuk ke dalam jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Untuk memulai usaha laundri rumahan kalian cukup menyediakan dua mesin cuci satu mesin pengering deterjen dan pewangi serta alas setrika baju.

Kalau dilihat dari kemudahannya usaha laundri adalah salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

3. Katering

Bagi kalian yang hobi memasak mungkin usaha katering akan terasa menyenangkan katering bisa menjadi usaha yang sangat menguntungkan karena banyak dibutuhkan untuk berbagai acara.

Kalian bisa menyediakan berbagai menu catering mulai dari makanan utama makanan ringan hingga makanan penutup.

Usaha katering bisa menjadi salah satu pilihan jenis usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena menjalankannya tidak terlalu sulit yang penting modal utamanya kamu bisa masak dan masakannya bisa cocok di lidahnya orang lain.

4. Makanan Ringan

Makanan ringan atau cemil-cemilan banyak dibutuhkan untuk acara-acara tertentu seperti tasyakuran, pernikahan, arisan hingga pengajian ibu-ibu.

Jenis cemilan yang banyak dicari orang biasanya yang renyah-renyah sekedar teman ngobrol atau santai seperti keripik, makaroni, basreng dan kue-kue kering lainnya tinggal kamu pintar-pintar bererekreasi saja.

Dari soal rasa ada yang pedas, manis, manis pedas hingga rasa-rasa otentik seperti rasa coklat, stroberi, buah-buahan dan yang lainnya.

5. Coffee Shop

Sekarang ini banyak orang yang suka ngopi, ketika mereka mau ngopi mereka lebih senang pergi ke coffee shop untuk ngopi sambil nongkrong.

Biasanya mereka pergi ke coffee shop untuk sekedar melepas penat atau sambil mengerjakan sesuatu dengan suasana santai.

Kalian bisa gunakan halaman depan rumah untuk memulai bisnis coffee shop yang minimalis ala rumahan.

Untuk menambah kenyamanan kalian juga bisa menyediakan jaringan WiFi untuk pelanggan yang mau internetan.

6. Bisnis Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan primer yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Bisnis menjual pakaian tentu akan menjadi peluang yang sangat menguntungkan dan menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Bisnis ini juga cukup fleksibel karena bisa dijalankan secara online hanya dengan smartphone atau laptop kalian bisa memulai bisnis ini dengan memulainya sebagai reseller.

Usaha jualan pakaian sebenarnya cukup mudah dijalankan sehingga bisa menjadi pilihan usaha rumahan yang cocok untuk pemula.

7. Jasa Menjahit

Kembali ke usaha jualan pakaian karena pakaian adalah kebutuhan primer usaha jasa menjahit mungkin bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan.

Jika kalian ingin mendapatkan penghasilan yang lebih kalian juga bisa sekalian membuka usaha jasa konveksi di rumah.

8. Reseller

Saat ini sudah banyak cara yang dilakukan untuk bisa menghasilkan uang salah satunya menjadi reseller. Sebab kita juga bisa melakukan pekerjaan dari rumah tanpa harus terikat waktu.

Maka reseller sudah menjadi pekerjaan yang cocok buat pemula yang ingin punya usaha rumahan, namun bisa banyak menghasilkan rupiah dengan modal yang tidak terlalu banyak.

9. Jasa Desain Grafis

Tahukah kalian bahwa jasa desain grafis merupakan salah satu jasa yang paling banyak dicari oleh perusahaan.

Jasa desain grafis banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluhan seperti membuat promosi iklan, poster event, branding logo, desain website dan lain sebagainya.

Buat kalian yang punya kemampuan desain cobalah memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Kalian bisa memulai dengan jasa desain grafis freelance dengan status freelance, kalian bisa bekerja walaupun hanya dari rumah.

Seperti kalian ketahui internet saat ini sudah menjadi kebutuhan penting untuk semua orang banyak kegiatan sehari-hari yang kita lakukan dengan menggunakan internet seperti bekerja berkomunikasi dan lain-lain.

10. Menjual Kuota Internet

Hal ini sebenarnya bisa menjadi peluang bisnis yang menarik buat kalian yang ingin membuka usaha jualan kuota internet.

Selain sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya menjual kuota internet juga bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang cocok untuk pemula karena cukup simpel dan praktis dalam menjalankannya modalnya pun cukup terjangkau.

Ada beberapa tips yang perlu dilakukan agar sukses dalam memulai sebuah usaha rumahan yang cocok untuk pemula:

  • Memilih bidang usaha sesuai minat atau hobi, pilihan bidang usaha yang sesuai dengan minat atau hobi dapat membuat kalian lebih bersemangat serta enjoy dalam menjalankan segala proses dan rintangan yang akan dihadapi hingga berhasil.
  • Hitung modal usaha kalian, perlu menghitung modal usaha yang akan digunakan dengan teliti. Hal ini sangat penting dilakukan karena akan berdampak pada keberlangsungan usaha kalian nantinya. Sekalipun usaha yang kalian jalani adalah usaha rumahan perhitungan modal yang kurang tepat bisa membuat kalian mengalami kerugian bahkan kebangkrutan
  • Tentukan keunikan produk yang mau dijual, selain memilih jenis usaha rumahan yang akan kalian jual, perlu juga menentukan keunikan produk agar bisa bersaing dengan kompetitor. Jika tidak bisa bersaing dengan kompetitor, tinggal menunggu waktu saja hingga usaha kalian gulung tikar. Supaya bisa bersaing dan tetap survive buatlah produk seunik mungkin.Produk yang memiliki keunikan biasanya akan lebih disukai oleh calon pelanggan.
  • Lakukan promosi produk yang kalian tawarkan, jualan itu harus sering promosi agar orang-orang tahu tentang usaha kita.
     

Cara promosi yang efektif untuk usaha rumahan yang cocok untuk pemula adalah dengan metode mulut ke mulut. Namun bisa juga mempromosikan usaha lewat media sosial untuk menjangkau audiens yang lebih luas lagi.

Itulah 10 peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya dan beberapa tips untuk pemula yang ingin memulai usaha, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.*

Tags : reseller, Rumahan, Usaha, usaha andalan,