Headline Politik   2023/03/18 22:24 WIB

Anies-AHY Dideklarasikan Jadi Pasangan Capres-Cawapres 2024, 'Hasil Koalisi Bersama Demokrat, Nasdem dan PKS yang Solid dan Kuat'

Anies-AHY Dideklarasikan Jadi Pasangan Capres-Cawapres 2024, 'Hasil Koalisi Bersama Demokrat, Nasdem dan PKS yang Solid dan Kuat'
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono, Capres-Cawapres 2024.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM  - Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024.

"Pasangan Anies-AHY, sebagai Capres-Cawapres 2024 ini didukung hasil koalisi bersama partai Demokrat, Nasdem dan PKS yang kuat dan solid."

"Hari ini sebagai partai yang sudah dikatakan mendukung Mas Anies, kami ingin bersilaturahmi dengan seluruh relawan yang ada di Riau. Makanya kami mengundang relawan yang luar biasa. Tadi ada 27 kelompok relawan yang mendukung dan sepakat untuk mengusung pasangan Anies AHY ini," kata Ketua DPD Demokrat Riau, Agung Nugroho, Sabtu (11/3/2023).

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau bersama 27 kelompok relawan Anies Baswedan dari seluruh Provinsi Riau berkumpul di Pekanbaru.

Mereka mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024.

AHY dianggap calon yang lebih populer untuk mendampingi Anies jika dibandingkan variasi calon lainnya. Seperti Ridwan Kamil, Erick Thohir, Sandiaga Salahuddin Uno atau Khofifah Indar Parawansa.

"Ini berdasarkan hasil tiga kali survei, Anies tinggi sekali pollingnya, dan kita percaya Anies bisa menjadi presiden. Calon wakilnya tentu saja AHY, ini bukan klaim Demokrat, tetapi hasil survei," ujarnya.

Agung mengungkapkan bahwa Partai Demokrat akan bersinergi dengan Partai Nasdem dan PKS. Bersama-sama memenangkan Anies sebagai Presiden RI selanjutnya.  

"Kami akan bentuk sekretariat bersama relawan Anies di luar partai Demokrat. Jadi tidak ada baju biru (Demokrat), baju putih (PKS) atau biru satu lagi (Nasdem). Semua mendukung Anies AHY," sebutnya.

Sementara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakin kekuatan relawan Riau bisa menangkan Capres Anies Baswedan.

"Relawan itu penting, walau ada yang suka dengan partai, ada juga yang tidak suka partai pengusung cuma dia ingin perubahan. Maka pendekatannya lewat relawan itu," kata Ketua DPW PKS Riau, Ahmad Tarmidzi, Senin (13/3/2023).

Ahmad Tarmidzi mengatakan relawan Anies Baswedan di Provinsi Riau siap memperjuangkan Anies Baswedan menang Pilpres 2024. Bahkan disebutkan relawan cukup banyak dan solid.

Ia tak menampik keberadaan relawan ini sangat penting bagi ketiga partai pengusung, yakni Nasdem, PKS dan Demokrat.

Ahmad menjelaskan, semakin banyak relawan akan semakin baik untuk perjuangan memenangkan Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Semakin banyak, semakin bagus. Kami (PKS) juga melakukan komunikasi dengan relawan yang ada di Riau, satu persatu kami temui," ujarnya.

Ahmad yakin Anies Baswedan bisa menang di Provinsi Riau. Terlebih lagi saat ini ketiga partai itu kompak mengusung Anies. Bahkan Minggu 12 Maret 2023 kemarin, DPD Partai Demokrat juga mendeklarasikan secara resmi dukungan untuk Anies Baswedan.

"Alhamdulillah, ikut senang mendengarnya. Semoga dukungan Pak Anies sebagai syarat tercukupi. Lebih dari itu dukungan masyarakat dan seluruh elemen masyarakat juga semakin meningkat. Saya yakin di Riau akan solid ketiga partai," jelasnya.

Ketua Presidium Relawan Anies Nasional (An-Nas), Masril Ardi turut menyambut baik deklarasi PKS dan Demokrat. Partai tersebut mendukung Anies Baswedan sebagai Capres untuk 2024 mendatang.

Menurut Masril, dengan deklarasinya Partai PKS untuk Capres Anies Baswedan oleh PKS dan Demokrat, maka lengkap sudah tiga partai koalisi. Sebagai pengusung Capres Anies Baswedan maju sebagai di Pemilu 2024.

"Dengan tiga partai pengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang. Maka PT sudah terpenuhi bahkan sudah melebihi dari syarat minimal 115 kursi di DPR RI," tutup Masril. (*)

Tags : pasangan anies baswedan dan agus harimurti yudhoyono, anies-ahy, pasangan capres-cawapres 2024, deklarasi pasangan capres-cawapres, partai koalisi kuat dan solid, , demokrat, nasdem dan pks ,