Pekanbaru   2023/11/29 20:43 WIB

APBD Perubahan 2023 Sebesar Rp2,895 Triliun Sudah Disahkan, Legislatif: Anggarannya Diharap Bisa Direalisasikan

APBD Perubahan 2023 Sebesar Rp2,895 Triliun Sudah Disahkan, Legislatif: Anggarannya Diharap Bisa Direalisasikan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pasca disahkan pada 27 November 2023 yang lalu, APBD Perubahan 2023 yang disepakati sebesar Rp2,895 triliun diharapkan bisa direalisasikan.

"APBD Perubahan Pekanbaru tahun 2023 sebesar Rp2,895 triliun sudah disahkan."

"Segera jalankan anggaran yang sudah kita sepakati bersama untuk kepentingan masyarakat, dan kami tentunya akan ikut mengawasi sesuai tupoksi kami di DPRD," kata anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra, Selasa (28/11).

Permintaan tersebut seiring makin dekatnya batas akhir penggunaan anggaran dalam tahun berjalan. Jika lewat dari itu, maka kegiatan yang dilaksanakan akan berisiko saat pembayaran.

Munawar Syahputra meminta agar Pemko segera menggunakan anggaran yang sudah disahkan beberapa waktu lalu, terutama untuk kegiatan yang prioritas dan menyentuh kepada masyarakat langsung.

Permintaan tersebut menurut Politisi Nasdem diharapkan bisa dijalankan dan dimaksimalkan oleh seluruh OPD, mengingat sebelumnya Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun sudah menyampaikan bahwasanya APBD Perubahan 2023 sudah bisa dijalankan.

"Kami dorong untuk segera dilaksanakan semua kegiatan pro rakyat itu. Jangan sampai ditunda-tunda lagi. Sebab masyarakat sudah menunggu," tegas Munawar.

Untuk diketahui, program-program yang sudah disepakati dalam APBD Perubahan 2023 seperti subsidi bunga bagi pelaku UMKM, santunan kematian miskin, beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.

Lalu, ada bantuan pendanaan untuk pemilu 2024, dukungan UHC atau Jaminan Kesehatan Pekanbaru Bertuah, jaminan penanganan sampah, banji dan drainase rusak.

"Program-program prioritas itu tentunya harus segara dijalankan dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan, mengingat waktu yang sudah tidak banyak lagi harus direalisasikan," sebutnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera 

Tags : APBD Perubahan 2023, Pekanbaru, APBDP Pekanbaru Rp2, 895 Triliun, APBDP Diharap Bisa Direalisasikan,