Nasional   2023/02/28 10:45 WIB

Apple Batal Berinvestasi Pabrik Timah di Indonesia, 'karena Tidak Sesuai dengan Kaidah ESG'

Apple Batal Berinvestasi Pabrik Timah di Indonesia, 'karena Tidak Sesuai dengan Kaidah ESG'
Bekas tambang timah

JAKARTA - Apple Inc batal berinvestasi pabrik timah di Indonesia, Apple Inc. batal berinvestasi pabrik timah di Indonesia karena tidak sesuai dengan kaidah environmental, social & governance (ESG).

"Keputusan Apple Inc mengejutkan dampak pembatalan batal berinvestasi pertambangan timah di Indonesia."

"Apple mengurungkan minat mereka, karena praktik pertambangan timah yang tidak sesuai dengan kaidah environmental, social & governance [ESG]," sebutnya dalam Energy & Mining Outlook 2023, yang dirilis bisnis.com, Kamis (23/2/2023).

Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Septian Hario Seto. Ia menyebut Apple Inc memang sempat berminat berinvestasi hilirisasi lanjutan timah di Indonesia pada 2016.

Dia menambahkan produsen iPhone waktu itu mau bangun pabrik di RI, dengan syarat pemerintah segera membereskan masalah pertambangan ilegal. Kondisi pertambangan timah di Indonesia tidak sesuai dengan tidak sesuai dengan standar perusahaan.

Seto menjelaskan sejumlah pabrikan teknologi serta kendaraan listrik belakangan sudah memiliki perhatian serius, pada ketelusuran atau traceability dari bahan baku mineral komponen pembentuk produk mereka.

“Tesla dan beberapa pabrikan mobil seperti Ford mereka punya sustainability tracking, dia lacak bikin baterai dari mana, nikel diproses bagaimana. Untuk memastikan ini pertambangan yang bertanggungjawab,” ujarnya.

Seto menyebut, pemerintah telah menerima hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tentang praktik tambang dan industri hulu timah pada awal tahun ini.

Seperti diketahui, keputusan audit itu diambil lewat rapat tingkat menteri yang dipimpin Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, pada Agustus 2022 lalu terkait dengan tindaklanjut larangan ekspor mineral logam itu.

Hasil audit belakangan menjadi pembicaraan lebih lanjut antara kementerian dan lembaga terkait. Dalam memperbaiki praktik tambang logam mineral tersebut. Terdapat sejumlah penyelewengan serius pada tata tambang hingga industri hulu timah tersebut yang dilaporkan BPKP.

Ia berharap tindaklanjut audit itu bisa mendorong kepercayaan investor berinvestasi kembali, di sisi penghiliran timah mendatang. (*)

Tags : apple Inc, apple batal berinvestasi pabrik timah, apple batalkan investasi karena tidak sesuai dengan kaidah esg,