Wisata   2023/12/07 11:33 WIB

ASITA Riau 'Batasi' Kunjungan Wisata ke Singapura dan Malaysia, 'karena Kasus Covid-19 Melonjak'

ASITA Riau 'Batasi' Kunjungan Wisata ke Singapura dan Malaysia, 'karena Kasus Covid-19 Melonjak'
Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Riau, Dede Firmansyah 

PEKANBARU,RIAUPAGI.COM - Singapura dan Malaysia tengah alami peningkatan kasus Covid-19. Ini perlu diwaspadai pemerintah khususnya di Provinsi Riau, Rabu (6/12/2023).

"Kasus Covid-19 di Singapura dan Malaysia melonjak."

"Momen ini sebaiknya memang kita liburan akhir tahunya di Indonesia saja. Sesuai dengan imbauan Menteri Pariwisata Sandiaga Uno. Jangan nanti pergi ke luar negeri, liburan tahun baru, pulang-pulang malah sakit," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) Provinsi Riau, Dede Firmansyah pada media, Rabu (6/12).

Provinsi Riau berbatasan langsung dengan dua negara itu.

Menurut Dede Firmansyah, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, sudah mengingatkan warga Indonesia kembali memakai masker untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

"Menparekraf Sandiaga juga menyarankan masyarakat untuk berlibur di dalam negeri saja, guna menekan kemungkinan penyebaran Covid-19," sebutnya.

Dede juga sepakat dengan pemerintah yang tidak memberlakukan pembatasan perjalanan.

Mengingat warga Indonesia juga sudah banyak ikut vaksin Covid-19. Juga sudah sering dengan kebiasaan menjaga kebersihan dan memakai masker.

Asita Riau mengharapkan pemerintah daerah baik Pemprov Riau atau Pemko Pekanbaru membuat surat edaran menyarankan liburan lokal saja. Untuk selalu mengenakan masker supaya menekan penyebaran Covid-19.

"Harusnya ada dari Pemprov Riau, Pemko Pekanbaru surat edaran untuk memperketat wisatawan. Serta menindaklanjuti arahan dari Kemenkes dan Menparekraf. (*)

Tags : kasus covid-19, covid 19 melonjak, covid 19 melonjak di singapura dan malaysia, asita riau, asita batasi wisata ke luar negeri,