Traveling   2023/09/26 9:29 WIB

Asita Riau Buka Peluang Bisnis Paket Wisata Religi dengan Travel Asia Tengah Uzbekistan

Asita Riau Buka Peluang Bisnis Paket Wisata Religi dengan Travel Asia Tengah Uzbekistan

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Riau membuka peluang bisnis dengan agen travel asal Asia Tengah yakni Uzbekistan. Paket wisata religi dinilai tepat, mengingat Uzbekistan saksi kejayaan Islam masa lampau.

Itu disampaikan Ketua DPD Asita Riau Dede Firmansyah. Ia menyebut potensi besar yang ada, di mana dari kapasitas pesawat rute Pekanbaru-Kuala Lumpur seperti AirAsia yang memiliki 180 kursi. Bisa mengirimkan antara empat hingga lima grup wisata sekaligus.

"Saat ini ada peluang paket wisata religi ke Uzbekistan, dengan rute terbang dari Kuala Lumpur-Tashkent ibukota negara Uzbekistan. Kami mengambil peluang ini karena rute penerbangan dari Pekanbaru-Kuala Lumpur sangat dekat hanya terbang sekitar 40 menit saja. Destinasi di sana juga banyak yang menarik," ungkapnya, Sabtu(23/9/2023).

Ia menguraikan potensi ini adalah peluang besar bagi industri perjalanan wisata di Riau untuk menciptakan paket perjalanan baru keluar negeri atau outbond. Dalam paket perjalanan yang ditawarkan, pihaknya menargetkan segmen wisatawan muslim seperti dari pondok pesantren hingga seperti ibu-ibu pengajian untuk ziarah ke Makam Imam Bukhari.

Dede menyebutkan program perjalanan selama delapan hari enam malam ini akan mengeksplorasi kekayaan budaya, sejarah, dan keindahan alam Uzbekistan.

Sementara itu Binkat Travel, agen perjalanan yang berbasis di Uzbekistan mengakui siap menjalin kemitraan erat dengan Asita Riau.

General Manager Binkat Travel, Yuldazhev Kakhramon, menjelaskan saat ini, akses perjalanan ke Uzbekistan semakin mudah. Penerbangan dari Pekanbaru ke Kuala Lumpur hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit.

"Sementara untuk rute Kuala Lumpur-Tashkent Uzbekistan saat ini sudah ada dua kali seminggu dan dalam waktu dekat akan menjadi hingga tiga kali sepekan. Lalu akan ada juga tambahan rute yang sama dari Malindo Airlines, sehingga ada potensi hingga lima hingga enam penerbangan ke Uzbekistan setiap pekannya," ujarnya.

Ia mengakui telah berhasil mengirimkan empat grup perjalanan ke Uzbekistan setiap bulannya dari satu mitra agen travel di Malaysia. Kemudian sempat mengalami kendala akibat pandemi Covid-19. Namun, dengan pemulihan situasi saat ini, pihaknya berencana untuk meningkatkan jumlah perjalanan dan mengeksplorasi lebih banyak destinasi.

Dengan harapan untuk dapat mengirimkan setidaknya satu grup perbulan dari Pekanbaru, baik Binkat Travel maupun ASITA Riau berkomitmen untuk terus mempromosikan Uzbekistan sebagai tujuan perjalanan yang menarik bagi masyarakat di Riau dan sekitarnya. Diharapkan, upaya ini akan memperkaya pilihan destinasi wisata religi bagi masyarakat Indonesia. (rilis)

Tags : Association of The Indonesian Tour and Travel Agencies, Asita Riau, Bisnis Paket Wisata Religi, Travel Asia Tengah Uzbekistan Lirik Bisnis Paket Wisata Religi ,