Artikel   2024/03/06 10:56 WIB

Bambang Mustari Sadino Pengusaha Sukses, 'yang Mengawali Kisahnya dengan Kerja Keras dan Banting Tulang'

Bambang Mustari Sadino Pengusaha Sukses, 'yang Mengawali Kisahnya dengan Kerja Keras dan Banting Tulang'
Bambang Mustari Sadino

BAMBANG MUSTARI SADINO, salah satu pengusaha sukses yang mengawalinya dengan kerja keras dan banting tulang.

Menjadi seorang pengusaha yang sukses adalah impian bagi banyak orang. Namun perlu kita ketahui bahwa untuk mencapai kesuksesan tersebut tidak semudah membalikan telapak tangan.

Perlu kesungggu-sungguhan dan kerja keras dalam menjalankan suatu usaha, agar tewujudnya impian kita untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses.

Sebelum memulai usaha/bisnis, ada baiknya kita mempelajari kiat-kiat sukses dalam menjalankan usaha/bisnis yang ingin kita jalankan. Seperti contohnya H. Bambang Mustari Sadino atau lebih akrab di panggil Bob Sadino.

Bob Sadino adalah salah satu seorang entrepreneur yang sukses, dengan memulai bisnisnya dari bawah. Kesederhanaan dan trik dari beliau yang banyak menginspirasi banyak orang untuk dijadikan pembelajaran dalam menjalankan usaha/bisnis.

Ada berberapa kunci sukses dalam menjalankan usaha/bisnis ala Bob Sadino. Berikut ini adalah 5 kunci sukses dalam menjalankan usaha/bisnis :

1. Memilih Sektor Bisnis yang Dikuasai.
Saat memulai usaha/bisnis, hal utama yang paling penting adalah memilih bisnis yang anda kuasai.
Selain itu pilihlah bisnis yang selalu memiliki peminat, agar usaha yang anda jalankan dapat bertahan lama. Dengan memilih usaha yang dikuasai, maka anda akan lebih mudah dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis anda. Bukan hanya itu saja, anda juga akan menghemat waktu karena anda sudah mengetahui target pasarnya. Jadi anda tidak perlu mengeluarkan waktu yang banyak untuk melakukan riset. Karena anda sudah tahu produknya seperti apa, keunggulannya serta kekurangannya dan juga siapa saja peminatnya. Dengan begitu anda akan lebih mudah menganalisis laba ruginya dimasa depan.

2. Membuat Prioritas.
Untuk memulai usaha dalam modal kecil, harus membuat prioritas terlebih dahulu, dan tidak mengeluarkan uang untuk keperluan yang sifatnya tidak penting. Tujuannya agar bisnis anda dapat berjalan lancar dan tidak kekurangan modal.
Anda diharuskan untuk membuat arus kas dengan membuat prioritas terhadap hal-hal yang akan anda lakukan dalam beberapa waktu kedepan, lengkap dengan anggaran biayanya. Jangan sampai anda menyepelekan anggaran, karena dapat membuat keuangan anda jadi berantakan.
Dengan adanya anggaran keuangan yang jelas dan rapi, tentu akan membuat bisnis anda dapat dipantau dengan mudah.

3. Jangan Bosan dan Sabar.
Dalam menjalankan bisnis pasti ada untung dan ruginya. Jadi dalam hal ini yang perlu kita ambil hikmahnya adalah, apabila kita mengalami kerugian, kita harus tetap bersabar dan tetap semangat, jangan mudah bosan. Apalagi berhenti ditengah jalan disaat mengalami kerugian. Anda harus tetap semangat dan jangan menyerah hingga mencapai keberhasilan. Pasalnya dalam menjalankan bisnis pasti tidak selamanya berjalan dengan mulus. Cobalah untuk tetap fokus dan mencari solusi untuk menghadapi masalah tersebut.

Mendirikan bisnis sama halnya dengan membangun rumah, anda harus membuat pondasi terlebih dahulu agar bangunan tersebut kokoh. Begitu juga dengan bisnis, anda perlu membangun semangat dan pantang menyerah didalam diri anda, agar bisnis yang anda jalankan dapat menghasilkan keuntungan. Dan apabila mendapatkan keuntungan kita harus lebih banyak bersyukur.

4. Kerja Keras Menjadi Kunci Utama Dalam Berbisnis.
Ada pepatah yang mengatakan "Usaha tidak akan pernah menghianati hasil". Kata-kata tersebut sangat cocok sebagai suntikan semangat buat anda yang sedang merintis bisnis. Karena dengan kerja keras tentu anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Oleh karena itu sebagai pengusaha, anda harus menanamkan prinsip kerja keras untuk meraih keberhasilan. Artinya tidak ada cara lain untuk meraup keuntungan besar tanpa kerja keras.

5. Jangan Ragu Memulai Bisnis.
Banyak orang yang bertanya, bisnis apa yang bagus? Jawabannya adalah bisnis yang dijalankan, bukan yang di tanya terus menerus. Kalimat tersebut bisa dibilang menjadi salah satu quotes Bob Sadino yang paling menampar. Tetap semangat dan terus belajar.

Jadi tetap semangat, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, selagi masih mau berusaha dan bekerja keras. (*)

Tags : Bob Sadino, Usaha Sendiri, Bisnis,