Daik Lingga   2021/10/30 14:9 WIB

Bangun Kesadaran Masyarakat, Pemdes Kuala Raya Gelar Vaksin Covid-19

Bangun Kesadaran Masyarakat, Pemdes Kuala Raya Gelar Vaksin Covid-19

Sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Kuala Raya, Kecamatan Singkep Barat terus melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

DAIK LINGGA - Sosialisasi vaksinasi Covid-19 sangat penting untuk membangun kesadaran masyarakat, kata Kepala Desa (Kades) Kuala Raya, Misran melaporkan melalui Whats APP [WA], Sabtu 29 Oktober 2021 tadi ini.

Dua tahun terakhir desa diwilayah kerjanya juga disibukkan dengan Virus Corona [Covid-19], dan kegiatan sosial desa banyak terhenti.

"Vaksinasi bagian dari solusi, karena keselamatan warga di atas segalanya,” kata Misran dalam sambutannya di Balai Desa setempat, yang juga dihadiri Camat Febrizal Taufik, Kepala Puskesmas Raya yang di wakili para tim Medis, Babinkamtibmas Radit dan Anggota Polres.

Ia mengungkapkan, pandemi bukan hanya musibah lokal, tapi musibah nasional bahkan internasional. Sebab, ekonomi desa mati, aktivitas sosial ikut mati. Itu lah sebabnya pentingnya vaksinasi yang dilakukan di gedung PKK lama lapangan Merdeka Jumat 29 Oktober 2021 yang dimulai sejak pukul 09.00 Wib tadi.

Warga ikuti vaksinasi.

Karenanya harus ada ikhtiar untuk menanggulangi Covid-19. Selain dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), vaksinasi juga harus terus dilakukan.

“Alhamdulillah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Daik Lingga kini turun ke level-2, namun vaksinasi harus jalan,” ungkap Misran mengajak warganya melakukan vaksinasi.

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak terlalu takut dengan Virus Corona, namun juga jangan terlalu berani. "Biasa saja tapi tetap ikhtiar."

“Bukan virus yang melemahkan. Ketakutan itulah yang kadang menjadi penyebab lemahnya imun tubuh kita,” katanya.

Menindak lanjuti arahan Camat Singkep Barat Febrizal Taupik, para Kepala Desa berada dalam wilayah Kecamatan Singkep Barat tetap melakukan vaksin bagi warga yang belum di vaksin.

Vaksinasi dilakukan petugas Rumah Sakit Kelurahan Raya bekerja sama dengan pemerintah Kecamatan. Suntikan dosis pertama dan kedua terlihat diikuti antusias masyarakat cukup tinggi dari mulai pertama vaksin hingga ke dua dengan menggunakan vaksin Sinopak dan Asrazaneka.

Vaksinasi Covid-19 di Desa Kuala Raya.

Tetapi sampai saat ini masih ada juga masyarakat yang melakukan suntikan pertama sebanyak 11 orang dan yang kedua ada 44 orang sehingga keseluruhan 55 orang baik suntikan.

"Kita bersyukur warga menyadari pentingnya suntikan vaksin. Mereka juga berharap sertifikat vaksin diperoleh guna ketika untuk berpergian berangkat ke luar daerah."

"Kita tidak henti - hentinya memberi arahan dan pentingnya vaksinasi."

"Bagi mereka yang tertunda melakukan vaksinasi karena ada berbagai hal yang dialami, warga bisa datang untuk mengikuti vaksinasi," diingatkanya.

Tim medis melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum melakukan vaksinasi.

Jadi dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat agar turut dalam mensukseskan program vaksinasi Covid-19 yang telah dicanangkan pemerintah, Pemdes Kuala Raya terus melakukan sosialisasi kepada lintas sektor dan masyarakat di wilayah desa.

Tetapi Misran Kepala Desa Kuala Raya juga tidak lupa mengigatkan masyarakatnya tetap mematuhi prokes. "Pelaksanaan vaksin agar memutus penularan Covid-19," tutupnya. (rp.sdp/*)

Tags : Vaksinasi, Desa Kualaraya, Daik Lingga, Bangun Kesadaran Masyarakat, Pemdes Kuala Raya Gelar Vaksin Covid-19,