News Daerah   2020/11/20 12:48 WIB

Banjir Rob Genangi Jalan di Meranti

Banjir Rob Genangi Jalan di Meranti

SELATPANJANG - Kabupaten Kepulauan Meranti mulai menghadapi banjir rob atau air pasang laut hingga akhirnya badan jalan banyak digenangi air, seperti jalan Bandul Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat.

"Kini, kondisi jalan tersebut sama sekali tidak bisa dilalui kendaraan, ini diakibatkan naiknya air laut ke daratan atau pasang keling," kata Saubari, warga warga Pulau Merbau, Jumat (19/11).

Air di sana merendam badan jalan hingga meluap dengan ketinggian 1 meter dan sepanjang lebih kurang 200 meter, "masyarakat di Pulau Merbau ini juga terganggu melakukan aktivitas," sebutnya.

Masyarakat jika melakukan aktivitas ke Ibukota Kabupaten [Kota Selat Panjang] terpaksa menambah pengeuaran buaya untuk menyeberang, karena jalan yang ada akses satu satunya. "Tidak ada jalan lain, mau tidak mau kami terpaksa lewat jalan Bandul untuk menyeberang ke Selatpanjang. Walaupun air pasang membuat jalan tenggelam," ujarnya, saat ingin menyeberang dari Semukut-Mekong yang ikut antre berjam-jam menunggu giliran menyeberang dengan menggunakan kempang ditarik oleh sejumlah pemuda di ruas jalan yang tergenang air pasang hingga mencapai satu meter.

Jasa penyeberangan Rp10 ribu - Rp20 ribu jika hendak ke Ibukota maupun ke Pulau Merbau terasa berat umumnya bagi nelayan dan petani karet. Begitu pula dirasakan Ibrahim (50) mengaku menghindari air pasang laut yang menggenangi jalan terpaksa menggunakan kempang. “Saya tidak punya pilihan lain daripada celana basah, sepatu basah dan sepeda motor berkarat lebih baik naik kempang ini walaupun harus dua kali menyeberang untuk sampai ke kota," katanya.

Informasinya, badan jalan menuju Pulau Merbau dibangun melalui sumber dana DAK sebesar Rp 9.448.778.000,00 pada tahun 2016 silam yang dilaksanakan oleh PT Lintas Khatulistiwa Indonesia. Pekerjaan tersebut tidak terealisasi maksimal dan selesai sampai batas waktu yang ditentukan, sehingga diberi waktu lagi untuk menyelesaikannya dan pekerjaan tersebut tidak juga dapat diselesaikan. Status jalan tersebut merupakan ruas jalan Provinsi Riau, masyarakat berharap dan menaruh harapan besar pada pemerintah untuk bisa memperbaiki kondisi jalan tersebut. (rp..elf/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan 

Tags : Banjir Rob, Banjir Genangi Jalan di Meranti,