Headline News Daerah   2024/01/28 12:15 WIB

Basarnas Selamatkan ABK yang Alami Kecelakaan Terombang-ambing di Perairan Pulau Rupat

Basarnas Selamatkan ABK yang Alami Kecelakaan Terombang-ambing di Perairan Pulau Rupat

MERANTI - Keberanian Tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Pekanbaru berhasil mengevakuasi tiga Anak Buah Kapal (ABK) yang mengalami kecelakaan kapal di perairan Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Sabtu 27 Januari 2024 pukul 08.00 WIB.

"Basarnas selamatkan 3 ABK alami kecelakaan di perairan Pulau Rupat."

"Kami mendapatkan laporan tentang kecelakaan kapal di perairan pulau rupat, bengkalis. Dalam kapal itu, ada tiga ABK. Tim segera menuju lokasi dan melakukan pencarian para korban," kata Kepala Basarnas Pekanbaru, Budi Cahyadi.

Ketiga ABK tersebut sebelumnya dilaporkan hilang setelah kapal mereka terbalik pada dini hari pukul 03.35 WIB.

Budi Cahyadi mengungkapkan, timnya segera merespons laporan tersebut dan bergerak cepat menuju lokasi kejadian.

Menurutnya, kecelakaan kapal tersebut terjadi pada titik koordinat 01°41'08"N 101°43'23"E. Setelah pencarian intensif, para korban ditemukan selamat pada titik koordinat 01°40'298"N 101°43'152".

"Ketiga korban bernama syahrum (50), rhalel (56) dan anda (38). Setelah ditemukan, mereka langsung dievakuasi untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut," tambahnya.

Berdasarkan pemeriksaan, para ABK tersebut melakukan perjalanan dari Kota Tembilahan menuju Tanjung Balai Asahan untuk membeli kapal. Namun, dalam perjalanan, kapal mengalami bocor dan akhirnya terbalik.

"Saat evakuasi, tim Basarnas menemui cuaca ekstrem dengan ombak mencapai 1 sampai 1,5 meter. Keberhasilan evakuasi ini adalah hasil dari kerja keras dan keberanian tim di tengah kondisi cuaca yang sulit," sebutnya. (*)

Tags : badan nasional pencarian dan pertolongan, basarnas selamatkan anak buah kapal, abk alami kecelakaan, abk terombang-ambing di perairan pulau rupat, News Daerah,