Agama   2024/03/05 19:26 WIB

Baznas Bersama Lembaga KSrelief Distribusikan 7.965 Bantuan Paket Pangan Ramadhan di 4 Provinsi

Baznas Bersama Lembaga KSrelief Distribusikan 7.965 Bantuan Paket Pangan Ramadhan di 4 Provinsi
Baznas Bersama KSrelief Distribusikan 7.965 Bantuan Paket Pangan Ramadhan di 4 Provinsi.

AGAMA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan paket pangan Ramadhan sebanyak 7.965 dari lembaga bantuan kemanusiaan yang didirikan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud, King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSrelief).

Penyerahan dan pelepasan bantuan paket pangan Ramadhan tersebut dilaksanakan di Gedung Baznas RI, Jakarta, Selasa (5/3/2024). Bantuan ini didanai oleh King Salman Humanitarian Aid and Relief Center. 

Turut hadir, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Ketua Baznas RI, Prof Noor Acmad, serta Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal Abdullah Al-Amudi.

Hadir pula, Wakil Ketua Baznas RI Mokhamad Mahdum, Pimpinan Baznas RI Prof Muhamad Nadratuzzaman Hosen, Prof Zainulbahar Noor, Rizaludin Kurniawan, dan Achmad Sudrajat, Sekretaris Utama Baznas Muchlis Muhammad Hanafi, serta Deputi Baznas M. Arifin Purwakananta dan Dr Imdadun Rahmat.

Ketua Baznas Noor Achmad, mengatakan, bantuan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center sebanyak 7.965 paket untuk Ramadhan ini didistribusikan ke 36 kabupaten/kota di Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

“Kami bersama-sama dengan Kerajaan Arab Saudi melalui King Salman Humanitarian Aid and Relief Center (KSrelief), bersatu dalam semangat kepedulian dan kebersamaan untuk menggapai tangan mereka yang membutuhkan bantuan,” ujar Kiai Noor.

Menurut Kiai Noor, distribusi bantuan paket pangan seberat 30,2 kg per paket menjadi bukti nyata dari semangat kemanusiaan yang tinggi, di mana lebih dari sekedar kata-kata, tapi melangkah ke tindakan nyata untuk meringankan beban masyarakat yang tengah dilanda kesulitan.

“Dengan menyebarkan paket-paket bantuan kepada 7.965 keluarga, kita tidak hanya memberikan makanan atau barang-barang pokok semata, tetapi kita juga memberikan harapan, cinta, dan kehangatan dalam setiap paketnya,” ujarnya.

Kiai Noor menegaskan, melalui kerja sama yang baik antara Baznas dan KSrelief, diharapkan makin banyak masyarakat yang dibantu, sebab masih banyak hati yang membutuhkan cinta, dan masih banyak keluarga yang membutuhkan bantuan.

“Dalam kesulitan itulah kita dapat menemukan kekuatan untuk bersatu dan berbagi. Kita dapat menjadi sinar harapan bagi mereka yang terpuruk dalam kesulitan, dan kita dapat menjadi tonggak kebaikan bagi mereka yang membutuhkan,” katanya.

Sementara itu, Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Faisal bin Abdullah Al-Amudi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam program bantuan paket pangan Ramadhan hasil kerja sama antara Baznas dan King Salman Humanitarian Aid and Relief Center.

"Saya sangat berbahagia atas terlaksananya acara yang diberkahi ini, yang diselenggarakan pada hari ini, beberapa hari menjelang memasuki bulan kebaikan dan rahmah, bulan suci Ramadhan yang penuh berkah," katanya.

Sementara Baznas Bazis DKI Jakarta menargetkan dapat menghimpun Zakat, Infak, Sedekah (ZIS) senilai Rp 112,5 miliar pada Ramadhan 1445 Hijriyah.

"Memang target kami ini meningkat jauh dibandingkan Ramadhan tahun lalu yaitu mencapai 70 persen untuk pengumpulan ZIS," kata Wakil Ketua IV Baznas Bazis DKI Jakarta Nasir Tajang di Jakarta, Senin (4/3/2024).

Nasir mengatakan pengumpulan ZIS pada Ramdhan 1444 Hijriyah yaitu Rp 66 miliar, dan pada tahun ini pengumpulan ZIS ditargetkan mencapai Rp 112,5 miliar. Menurut dia target tersebut optimistis terealisasi karena meningkatnya kesadaran masyarakat disamping kian meningkatnya penerima manfaat.

Ia mengaku bahwa, selama ini ZIS yang terkumpul terbanyak dari perusahaan yang ada di Jakarta dengan jumlah sasaran berada di angka Rp 53 miliar atau setara 44 persen dari target pengumpulan ZIS.

"Kami bisa mewujudkan apa yang menjadi target. Karena kami selalu mendapatkan penghargaan terkait program penyaluran dan dari sisi pengelolaan juga baik, di mana indeks kami ada di angka 0,81, itu terbaik dalam pengelolaan dan memperoleh predikat memuaskan," tuturnya.

Untuk itu kata Nasir, pihaknya meminta kepada wajib zakat berupa badan, perusahaan, maupun perorangan agar dapat menyalurkan ZIS kepada Baznas Bazis DKI Jakarta. Karena kata Nasir, pada bulan Ramadhan ini merupakan momentum terbaik untuk beribadah, dan ZIS menjadi salah satu ibadah yang diajarkan pada saat bulan puasa.

"Kami mengusung tema 'Ramadhan Memerdekakan', dan ini momentum bagi umat Islam beribadah terbaik. Jadi dengan tema ini kami berharap muzakki (orang wajib zakat) bisa terbebas dari egoisme, kikir, dan pelit," katanya.

Ia memastikan Baznas Bazis DKI Jakarta merupakan lembaga yang sudah profesional dalam mengemban amanah tersebut, dengan pengalaman kurang lebih 56 tahun.

"Dana kami dikelola dengan sangat transparan, dan kami selalu memaparkan hasil audit keuangan," ujarnya. (*)

Tags : baznas, baznas bazis, target zis, zis ramadhan, baznas ksrelief ,