Headline Batam   2020/11/22 12:49 WIB

Baznas Kota Batam Buat Kegiatan 'Baznas Berbagi'

 Baznas Kota Batam Buat Kegiatan 'Baznas Berbagi'
Ketua Baznas Kota Batam, Muhith

BATAM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam kembali melanjutkan rangkaian kegiatan ”Baznas Berbagi”. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin dan beberapa tokoh masyarakat Batuampar.

Baznas menyambangi Kecamatan Batuampar, Jumat tanggal 20 November 2020 kemarin. ”Alhamdulliah, ini kecamatan ketujuh dari 12 kecamatan di Kota Batam. Rangkaian kegiatan Baznas Berbagi ini sangat positif, baik itu dari warga yang meresponnya. Karena hal ini memang dibutuhkan ketika masih dalam masa pandemi ini,” kata Ketua Baznas Kota Batam, Muhith didepan wartawan, Jumat (20/11).

Kegiatan pembagian sembako, sunatan massa, bantuan modal usaha, cek kesehatan dan hingga bedah rumah bagi warga tak mampu terus dilakukan. ”Warga yang mendapatkan bantuan ini adalah orang-orang yang masuk dalam asnaf secara syariat ada dalam ketentuan sebagai penerima zakat,” ujarnya.

Zakat yang disalurkan Baznas memang lebih 80 persen adalah zakat dari pegawai Pemerintah Kota Batam mulai dari wali kota hingga staf di kelurahan. ”Itulah zakat untuk dikelola oleh Baznas guna melaksanakan program sifatnya kemanusiaan,” jelas Muhith.

”Di samping itu ada juga zakat dari elemen masyarakat dan terus diupayakan agar timbul kesadaran masyarakat Batam yang wajib zakat dapat diserahkan amil zakat yakni Baznas.” 

Untuk bantuan modal usaha yang bertujuan memberikan kepada mustahiq. Harapnnya dengan modal tersebut dapat dikembangkan dan di tahun berikutnya bisa menjadi pemberi zakat. ”Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” paparnya.

Muhith mengatakan, di Kecamatan Batuampar ini memang dari camat dan lurah totalitas dalam menseleksi penerima bantuan, bahkan sampai bedah rumah yang layak menerima. Sekitar 1.800 paket sembako telah disalurkan selama Baznas Berbagi dan 600 peserta sunatan massal. ”Selanjutnya, untuk sembako 150 paket yang diserahkan di tiap kecamatan memang masih prioritaskan kepada usia lanjut yang tidak memiliki penghasilan sama sekali,” sebutnya.

Baznas juga sudah merencanakan jika pandemi telah berlalu, penyaluran bantuan modal usaha bisa menjadi program selanjutnya. ”Kita lihat perkembangan ke depan, ketika gairah perekonomian mulai bangkit kita siap hadir dengan bantuan modal usaha kepada masyarakat yang membutuhkan,” terang Muhith. 

Penulis: Zunedy
Editor: Samsul Bahri

 

Tags : Badan Amil Zakat Nasional, Baznas Kota Batam, Salurkan Sembako,