News Daerah   2020/10/22 10:33 WIB

Baznas Riau Bantu Ekonomi Kreatif UKM

Baznas Riau Bantu Ekonomi Kreatif UKM

SELATPANJANG -  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau menyalurkan bantuan sebesar Rp300 juta ke Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti untuk meningkatkan produktivitas bagi kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) di daerah itu saat terjadi pandemi Covid-19.

Ketua Baznas Kepulauan Meranti Sunarto mengatakan Baznas Riau sebelumnya telah menerima berkas pengajuan proposal dari Baznas Kabupaten Kepulauan Meranti untuk modal usaha dan setelah melalui penilaian maka bantuan pengembangan usaha itu sebesar Rp300 juta itu sudah dapat disalurkan. "Dengan disalurkannya bantuan modal dari Baznas Provinsi Riau itu, maka kelompok usaha di daerah ini bisa berdaya untuk mengangkat ekonomi dan memenuhi kebutuhan hidup terutama masih menghadapi dampak Covid-19," katanya.

Penyerahan bantuan program pemberdayaan ekonomi kreatif Baznas Provinsi Riau itu dilaksanakan, Rabu (21/1/2020) di Kantor Baznas Kepulauan Meranti. Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua III Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau Dr. Yahanan, M. Sy, Kepala Bagian Pendistribusian Baznas Provinsi Riau, Musliadi, S.Ag Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPd, Ketua Baznas Kepulauan Meranti Sunarto SAg dan Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kepulauan Meranti, Bagian Distribusi, H Abdul Karim Z.

Menurut Sunarto, bantuan yang disalurkan agar dapat dimanfaatkan untuk pengembangan usaha dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan serta memenuhi kebutuhan hidup penerima zakat atau mustahik. Baznas juga tidak akan berarti apa-apa jika tidak ada dukungan dari pihak luar atau ada pihak yang ingin berzakat ataupun muzzaki.

"Baznas Kepulauan Meranti hampir setiap hari menyalurkan bantuan melalui beberapa program. Mulai dari program Meranti Sehat, Meranti Makmur dan lainnya. Bahkan dalam pandemi ini sering banyak musafir yang meminta bantuan, kita tidak serta merta memberikan takutnya ada semacam modus, bahkan ada yang non muslim yang mengajukan bantuan ke dini. Untuk saat ini kita prioritaskan dulu yang muslim, kecuali nanti ada lebih baru kita salurkan bantuan kemanusiaan," ujarnya.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPd mengucapkan terimakasih kepada Baznas Provinsi Riau yang telah menyalurkan bantuan kepada para pelaku UKM. Menurutnya Baznas dan pemerintah juga harus saling bersinergi dalam membantu masyarakat. "Terimakasih kami ucapkan kepada Baznas Provinsi Riau. Mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu para pelaku UKM dalam mengembangkan usahanya. Seperti yang disampaikan tadi kita harus bersinergi dan bergandengan tangan agar program yang dijalankan bisa berjalan dengan baik," kata Rosdaner.

Wakil Ketua III Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau Dr. Yahanan mengatakan tujuan dari bantuan ini adalah guna untuk membantu dan memudahkan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan. "Kami punya amanah, dan tugas ini dari Allah bahwa kita semua hendaklah bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat, sehingga yang dulunya orang tersebut miskin dan meningkatkan taraf hidupnya minimal dia menjadi orang yang berinfak dan bersyukur," sebutnya. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Baznas Riau, Ekonomi Kreatif, UKM,