News Kota   2024/03/13 15:6 WIB

BBPOM Berkolaborasi dengan Pemko Pekanbaru untuk Mudahkan Perizinan UMKM

BBPOM Berkolaborasi dengan Pemko Pekanbaru untuk Mudahkan Perizinan UMKM

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru berkolaborasi dengan Pemko Pekanbaru untuk mempercepat dan memudahkan mendapatkan perizinan pangan olahan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

"BBPOM berkolaborasi dengan Pemko Pekanbaru mudahkan perizinan UMKM."

"Ini merupakan program kolaborasi dengan tujuan untuk kemudahan ataupun percepatan akses perizinan serta izin edar. Makanya kita berkolaborasi dengan pemangku-pemangku kepentingan," kata Kepala BBPOM Pekanbaru, Yosep Dwi Irwan, Kamis (22/6).

BBPOM Pekanbaru berkolaborasi dengan dinas terkait di antaranya Diskes, DLHK dan DPMPTSP Kota Pekanbaru.

Kepala BBPOM Pekanbaru, Yosep Dwi Irwan mengatakan, pihaknya sedang menginisiasi program Sinergi Pendampingan Terpadu Izin Edar yang Ramah Lingkungan atau Sipetir Aman.

Nantinya, para pelaku UMKM akan diberikan akses percepatan ataupun kemudahan dalam mendapatkan izin edar.

Yosep menuturkan, untuk perizinan UMKM itu semuanya sudah digital, tetapi belum semua UMKM itu siap terkait dengan digitalisasi tersebut. Untuk itu, pihaknya turun memberikan kemudahan akses perizinan.

Selain itu, program Sipetir Aman ini juga untuk akses pembiayaan dan juga akses promosi. Menurutnya, UMKM terbatas tentang IT, akses pembiayaan dan promosi.

"Ini lah kita saling berkolaborasi bagaimana untuk mendukung UMKM baik perizinan, pembiayaan ataupun promosi dan ramah lingkungan untuk meningkatkan kesadaran UMKM dalam memilah limbah plastik yang organik dan non organik sehingga bisa diolah dan ada nilai ekonominya," pungkasnya. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : BBPOM Berkolaborasi dengan Pemko, Pekanbaru, Perizinan UMKM, News Kota,