Otomotif   2021/11/02 14:11 WIB

Begini Caranya Usia Muda Agar Bisa Punya Mobil 

Begini Caranya Usia Muda Agar Bisa Punya Mobil 

MEMILIKI mobil di usia muda tentu menjadi mimpi setiap generasi muda, bahkan menjadi kebanggaan tersendiri. Pasalnya, memiliki mobil secara tak langsung bisa menjadi bentuk sebuah kesuksesan tersendiri.

Sayangnya, membeli mobil masih menjadi tantangan tersendiri bagi anak muda, khususnya mereka yang secara finansial masih pas-pasan. Meski sulit, bukan berarti tidak mungkin untuk membeli mobil di usia muda. Selama ada kemauan, maka tidak ada hal yang mustahil.

Untuk membeli mobil di usia muda, salah satu hal paling sederhana yang bisa dilakukan yaitu membuat perencanaan. Jika masih bingung, coba simak langkah-langkah berikut yang dilansir dari detik.

1. List Pemasukan dan Pengeluaran
Pertama, mulailah dari hal yang paling dasar, yaitu membuat daftar pemasukan dan pengeluaran. Dari sini, nantinya kamu bisa melihat jumlah dana yang didapat dan dikeluarkan. Hal ini penting dilakukan karena bila ternyata pengeluaran kamu lebih banyak dari pemasukan, ini artinya kamu sedang dalam kondisi keuangan yang tidak sehat. Untuk itu, sebaiknya perbaiki dulu kondisi keuanganmu sebelum berencana untuk membeli mobil. Nah, bila pemasukan kamu sudah lebih tinggi dari pengeluaran, maka akan ada dana yang bisa dikumpulkan per bulannya dan kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.

2. Menabung
Setelah kondisi keuanganmu membaik dan ada dana lebih yang bisa disisihkan, maka langkah kedua adalah menabung. Meski sangat sederhana, namun hal ini sangat sulit dilakukan oleh beberapa orang, termasuk anak muda. Namun jangan dulu khawatir, karena ada beberapa trik yang bisa buat kamu disiplin menabung, di antaranya dengan membuat rekening terpisah, menitipkan ke orang tua, atau memanfaatkan tabungan yang menggunakan sistem penarikan otomatis (autodebet) setiap bulannya.

3. Buat Riset Kendaraan Ingin Dibeli
Langkah selanjutnya, sambil mengumpulkan uang dengan menabung, kamu bisa melakukan riset terhadap jenis mobil yang diinginkan. Pelajari baik-baik spesifikasi dan kondisi kendaraan yang kamu incar, mulai dari harga, biaya perawatan, asuransi, dan lainnya. Sebaiknya, pilih mobil yang harganya terjangkau, seperti city car atau mobil Low Cost Green Car (LCGC). Selain harganya lebih terjangkau, biaya perawatan mobil jenis ini juga lebih murah dan lebih hemat bahan bakar. Meskipun mobil tipe ini tidak bisa memuat banyak penumpang, namun LCGC memiliki model dan fitur modern yang cocok untuk anak muda. Terlebih anak muda biasanya juga belum memerlukan mobil dengan kapasitas penumpang yang banyak

4. Manfaatkan Kredit Mobil
Cara lain yang bisa dilakukan untuk membeli mobil dengan cepat adalah dengan kredit mobil. Dengan kredit, kamu bisanya hanya perlu menyiapkan pembayaran untuk uang muka saja. Selebihnya, kamu bisa cicil dengan harga yang terjangkau. Jadi, kamu juga tidak perlu nabung terlalu lama.

Buat kamu yang ingin beli mobil secara kredit, ada banyak hal yang perlu diperhatikan salah satu yang terpenting adalah memperhatikan bunga dan besar uang muka. Pilihlah pemberi kredit yang menawarkan suku bunga paling kompetitif dan menarik. Sebab, perbedaan kecil dalam tingkat bunga akan membantu kamu menghemat pengeluaran. Selain bunga, DP atau uang muka tidak kalah penting karena berpengaruh ke biaya awal dan lama waktu menabung.
adv bcaDok. BCA Finance

Bicara soal kredit mobil, di bulan Oktober, BCA Finance memberikan promo penurunan suku bunga kredit mobil baru dari 3,55% menjadi 2,99% dengan tenor selama 3 tahun. Sementara untuk tenor 4 tahun suku bunganya turun menjadi hanya 3,77%. Adapun seluruh suku bunga ini berlaku untuk semua jenis mobil baru bertipe mobil penumpang atau passenger car. Hal yang tidak kalah penting, suku bunga ini berlaku untuk DP / uang muka hanya sebesar 20% sehingga kamu tidak perlu menabung terlalu lama untuk membeli mobil impianmu.*

Tags : Cara Mudah Peroleh Mobil, Usia Muda Bisa Punya Mobil, Otomotif ,