Bengkalis   2021/11/22 11:9 WIB

Bengkalis Nihil Kasus Covid-19, Tapi 'Tidak ada Jaminan Menurunnya Wabah'

Bengkalis Nihil Kasus Covid-19, Tapi 'Tidak ada Jaminan Menurunnya Wabah'
Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Andris Wasono

BENGKALIS - Saat ini Bengkalis nihil kasus Covid-19, warga pun dihimbau tetap ikut vaksin dan tetap patuh dengan protokol kesehatan.

Tetapi kekhawatiran kembali meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Bengkalis terus terjadi. Bahkan beberapa tokoh masyarakat di Bengkalis menganggap tidak ada jaminan, dengan  menurun atau melandainya warga yang terserang Covid-19.

“Kesadaran warga sangat dibutuhkan untuk mencegah kembali meningkatnya kasus Covid. Tetap patuhi prokes kapan dan dimanapun, karena pandemi Covid-19 belum berakhir,” kata Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Bengkalis, Andris Wasono.

Kekhawatiran serupa juga perlu jadi perhatian bagi Indonesia yang saat ini mengalami penurunan kasus. Pihak Dinas Kesehatan Bengkalis melaporkan dalam skop yang lebih kecil, Kabupaten Bengkalis, pada 14 November 2021 berhasil mencatatkan diri sebagai kabupaten yang bebas dari kasus Covid-19.

Dengan sembuhnya seluruh pasien Covid-19 ini, maka selama 2021 hingga 14 November 2021, tercatat ada 7.160 kasus Covid-19. Dari jumlah tersebut sebanyak 6.796 kasus dinyatakan sembuh dan sisanya 364 kasus meninggal dunia. Kalau ditotalkan sejak pertama kali kasus Covid-19 terdeteksi di Kabupaten Bengkalis, maka ada sebanyak 8.914 kasus dimana dari jumlah ini, sebanyak 8.502 kasus dinyatakan sembuh dan meninggal 412 kasus.

Ada 2 kasus baru. Berikutnya 19 Nopember ada tambahan 1 kasus. Pada 20 Nopember penambahan kasus makin besar yaitu 5 kasus. Penambahan kasus belum berhenti sampai di sini, pada Minggu, 21 Nopember Dinas Kesehatan kembali mencatat penambahan 5 kasus baru dari hasil tracing kontak erat sebelumnya. Sehingga total secara keseluruhan saat ini ada 13 kasus baru.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Tim Satgas Covid-19, ujar Andris, tetap berupaya melakukan pencegahan sesuai dengan tugasnya masing-masing. Selain melakukan operasi Yustisi penegakan prokes, tim juga memfokuskan pada upaya vaksinasi.

“Saat ini melalui Operasi Zebra, juga dilakukan vaksinasi bagi yang  ketahuan belum divaksin. Seperti yang kita lakukan di pelabuhan roro,” ujar Andris seraya berharap dengan gencarnya vaksinasi, bisa mempercepat tercapainya herd community di Kabupaten Bengkalis. (rp.bud/*)

Tags : Bengkalis Nihil Kasus Covid-19, Covid-19, Tidak ada Jaminan Menurunnya Wabah,