Bengkalis   2021/01/15 12:58 WIB

Bengkalis Terima 1.000 Dosis Vaksinasi

Bengkalis Terima 1.000 Dosis Vaksinasi

BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis menerima Vaksin Covid-19 sebanyak 1.000 dosis yang diantar langsung Pemprov Riau hari ini pada Kamis 14 Januari 2021 dengan pengawalan ketat aparat keamanan.

"Benar, tadi malam (malam Kamis,red) kita dapat informasi mendadak dari provinsi, masuk vaksin untuk Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.000 pial. Artinya ini untuk 500 sasaran karena kan 1 sasaran dua kali penyuntikan,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Alwizar Kamis.

Vaksin langsung dihantar tim dari provinsi yang berjumlah sebanyak sekitar 20 orang termasusk didalamnya aparat keamanan. "Vaksin tiba di Bengkalis sekitar pukul 11.00 WIB, sesuai jumlah yang diinformasikan yaitu sebanyak 1.000 pial,” ujarnya.

Alwizar mengatakan pihaknya menunggu arahahan dari provinsi untuk melakukan vaksinisasi. Memang  berdasarkan surat edaran tersebut, untuk Kabupaten Bengkalis pelaksanaan vaksinasi baru akan dilakukan pada Februari mendatang. Namun, karena vaksin sudah tiba di Bengkalis maka bisa saja vaksinasi dilakukan pada bulan Januari ini. "Kalau dilaksanakan pada bulan Januari, maka vaksinasi baru bisa kita lakukan pada tanggal 18 Januari mendatang karena saat ini tim vaksinator kita sedang mengikuti pelatihan,” katanya.

Sesuai petunjuk pelaksanaan, dari 500 ini sebanyak 10 orang akan diperuntukkan bagi tokoh masyarakat. Sedangkan sisanya sebanyak 490 orang akan diperuntukkan bagi sumberdaya kesehatan. “Mengingat jumlahnya yang terbatas, maka untuk 490 sumberdaya kesehatan ini juga akan kita prioritaskan untuk mereka yang berada di daerah dengan kasus tinggi, karena mereka lebih beresiko,” ujarnya.

Dia menghimbau masyarakat untuk tidak ragu dengan kehalalan maupun keamanan vaksin Covid-19. Vaksin yang akan digunakan yakni Sinovac dari Tiongkok, Cina sudah mengantongi sertifikat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memiliki sertifikat kehalalan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tidak hanya itu, vaksin ini juga sudah mendapatkan rekomendasi dari WHO. (rp.bud/*)

Tags : Vaksin Covid-19, Bengkalis, 1.000 Dosis Vaksinasi di Bengkalis,