SENI BUDAYA - Di desa terpencil yang berada di daerah pegunungan 'Asir, kecerdikan perempuan dapat dilihat dalam bentuk seni kuno berusia 200 tahun yang diturunkan dari ibu kepada putri-putrinya.
Jika Anda berjalan melalui desa warisan budaya Rijal Almaa di jantung provinsi 'Asir di barat daya Arab Saudi, Anda akan segera melihat betapa berbedanya daerah terpencil ini dengan daerah-daerah lain di negara ini.
Yang akan anda lihat bukanlah pemandangan gurun yang monokromatik, tetapi warna di mana-mana, dari pegunungan hijau yang mengelilingi desa hingga karangan bunga berwarna cerah yang dikenakan pria 'Asiri pada kepalanya.
Sampai akhir abad ke-20, suku-suku otonom tinggal di "desa-desa bergantung" di seberang 'Asir - pemukiman di dataran tinggi terjal yang hanya dapat diakses dengan tangga tali.
Medan yang keras, isolasi geografis dan akses terbatas ke sumber daya melahirkan budaya mandiri yang unik yang sedikit diketahui dunia luar.
Bertengger di medan yang curam dan hijau, Rijal Almaa dari abad ke-10 adalah kumpulan dari sekitar 60 benteng bebatuan yang tingginya sekitar 20 Meter.
Dulunya merupakan pusat perdagangan komersial antara Yaman dan Hijaz (dan terhubung ke Levant oleh Laut Merah), bekas desa gantung ini sekarang menjadi objek wisata dan tujuan musim panas yang populer bagi penduduk setempat ketika suhu di seluruh Arab Saudi mencapai 40C .
Selama musim ramai, pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari tradisional, pertunjukan cahaya tentang sejarah daerah dan pasar kerajinan lokal.
Mereka juga dapat mengagumi bentuk seni berusia 200 tahun yang merupakan pusat identitas perempuan 'Asiri : Al-Qatt Al-Asiri.
Sementara laki-laki membangun rumah-rumah seperti gedung pencakar langit yang khas di wilayah tersebut (dan di negara tetangga Yaman), kecerdikan perempuan dapat dilihat di dalam rumah, di pintu masuk tangga dan dinding interior majlis (kamar tamu) yang dicat dengan desain geometris berwarna-warni.
Al-Qatt (dari kata Arab untuk "menulis" dengan pengucapannya "gath") Al-Asiri adalah proses kreatif yang diturunkan dari satu generasi wanita ke generasi berikutnya, dan melibatkan penciptaan bentuk rumit seperti segitiga, bujur sangkar, berlian dan titik-titik menggunakan garis silang hitam yang dipasang pada dinding gipsum putih.
Bentuk-bentuk ini - mengingatkan pada desain yang dapat ditemukan di seluruh budaya India, Afrika Utara, dan Amerika Latin - kemudian diwarnai dengan cat hijau cerah, kuning oker, dan oranye tua yang secara tradisional dibuat dari sumber daya asli - pegunungan, pohon, dan bunga - dari 'Asir.
Afaf bin Dajem Al Qahtani, seorang seniman dan pendidik lokal, menciptakan mural Al-Qatt di atas kanvas yang ditampilkan di pameran global, termasuk Expo 2020 yang sedang berlangsung di Dubai.
Di studionya, yang terletak di provinsi Sarat Ubaida, sekitar 140km utara desa Rijal Almaa, desain Al-Qatt menghiasi dinding dalam pola rumit segitiga terbalik merah dan garis horizontal hijau tebal. "Saat melukis Al-Qatt, saya merasa itu sebagai jalan keluar... jauh dari ketegangan, masalah, dan gangguan dunia luar," kata Afaf bin Dajem Al Qahtani seperti dirilis BBC.
Al Qahtani tumbuh dikelilingi oleh seni Al-Qatt. Dia ingat beberapa bibi di keluarganya yang biasa mengecat rumah mereka.
Foto. Frizi, Getty Images
Tetapi baru pada 2018, di sebuah lokakarya yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan, dia memiliki kesempatan untuk berhubungan kembali dengan akarnya dan belajar tentang makna budaya yang kaya dari bentuk seni.
Sementara Al Qahtani sekarang menggunakan cat sintetis dan akrilik, dia memberi tahu saya bagaimana generasi wanita sebelumnya hanya menggunakan warna alami yang diekstraksi dari pohon asli, batu, dan getah sayuran.
Bibinya, Mahra Al Qahtani, menggunakan tiga warna dasar: hitam, merah dan putih.
"Jelaga dari lilin terbakar digiling dan digunakan untuk melukis garis luar desain," jelasnya.
"Merah diperoleh dari dua sumber: Al Meshgah, oker yang terbuat dari batu yang ditemukan di pegunungan 'Asir; dan merah tua, pigmen merah yang diperoleh dari cochineal (suatu jenis serangga kecil) di cabang-cabang pohon."
Putih dibuat dari kapur sirih yang diperoleh dari gipsum, juga ditemukan di pegunungan 'Asir. Warna lain seperti kuning, berasal dari akar kunyit atau kulit delima, dan hijau berasal dari rumput yang baru dipotong.
"Seiring berkembangnya jalur perdagangan, warna Nila diimpor dari India atau Iran. Dengan munculnya warna-warna kimia, perempuan terpaksa menggunakan warna baru dalam desain mereka," katanya.
Sedangkan untuk kuasnya, bibinya menggunakan ranting mur atau siwak (ranting Salvadora persica, yang biasa digunakan di negara-negara Muslim untuk membersihkan gigi).
"Mereka mengunyah di ujung cabang dan menggunakannya sebagai kuas atau menambahkan bulu hewan ke ujungnya," katanya. Untuk ruang yang lebih besar seperti tangga, kuas diganti dengan selembar kain.
Sementara lukisan Al-Qatt adalah lukisan tangan bebas dan spontan, pola spesifik tertentu direplikasi oleh semua seniman.
Alkaf, misalnya, adalah garis horizontal yang dilukis di bagian bawah dinding dan kaum perempuan menggunakan jari mereka untuk mengukur lebar desain.
Al Batra - dengan garis-garis vertikal lebar dan ruang putih - dimaksudkan untuk mematahkan desain berulang dan menarik perhatian pemirsa ke bagian tertentu dari mural.
Motif-motifnya memiliki nama yang terinspirasi oleh lanskap dan kehidupan 'Asir:
Balsana adalah desain seperti jaring dengan titik-titik di tengah yang menandakan dedak gandum, yang merupakan tanaman pokok di sini;
Sedangkan Al Mahareeb (jamak dari Mehrab) adalah setengah lingkaran yang digunakan untuk menunjukkan arah Mekah.
Jameela Matter, seorang seniman dan peneliti dari Abha, ibu kota 'Asir, mengatakan bahwa lukisan Al-Qatt bukanlah sesuatu yang Anda pelajari sebagai seni, tetapi sesuatu yang Anda tumbuhkan bersama.
"Sejak saya masih kecil, saya melihat nenek dan ibu saya melakukannya," katanya.
"Dekorasi rumah mereka dan membuatnya indah adalah hal yang alami dan perlu bagi mereka."
Pada Idul Fitri, kaum perempuan akan menyambut tamu ke majlis mereka yang baru dicat atau diperbaharui.
Matter ingat membantu ibunya. "Dia akan menggambar bentuk dan memberi saya instruksi seperti 'Isi kuning di sini atau biru di sana.'"
Selain tradisi yang diturunkan dari ibu ke anak perempuan melalui praktik dan pengamatan, Al-Qatt juga merupakan sumber kebanggaan bagi wanita 'Asiri.
"Penduduk desa akan berdiskusi di antara mereka sendiri 'Oh si anu, rumahnya sangat indah!'," kata Matter
Rehaf Gassas, kepala Departemen Warisan di Saudi Heritage Preservation Society (sebuah LSM yang bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan) percaya bahwa Al-Qatt lebih dari sekadar bentuk seni.
"Ini adalah praktik sosial yang menyatukan komunitas dan cara bagi nenek dan ibu untuk mewariskan [pengetahuan] kepada anak-anak mereka."
"Anda bisa menyaksikan rasa bangga masyarakat lokal saat mereka menyambut Anda di rumah yang didekorasi oleh mereka.
"Ada begitu banyak cinta dan semangat dalam menciptakan seni ini, sangat menginspirasi," tambahnya.
Meskipun Al-Qatt masuk dalam daftar Warisan Budaya tak benda Kemanusiaan UNESCO pada 2017, Al Qahtani memperkirakan hanya sekitar 50 orang perempuan yang masih mempraktikkannya hingga saat ini.
Dalam upaya melestarikan bentuk seni, badan-badan pemerintah telah mengadakan lokakarya pelatihan dan pendampingan generasi baru seniman perempuan.
Di sektor swasta, koperasi dan individu telah mendirikan museum di rumah leluhur mereka dan mendidik pengunjung tentang silsilah keluarga pelukis Al-Qatt.
"Kami sangat bangga dengan Al-Qatt karena itu adalah identitas kami," kata Matter.
"Ini adalah bentuk seni para perempuan yang telah memimpin dalam menciptakan identitas [unik] untuk wilayah 'Asir; itu tidak selalu mudah bagi kaum wanita."
Dia menambahkan bahwa sebelumnya Al-Qatt mungkin dianggap "norak" oleh generasi muda, tetapi sejak penunjukan Unesco, mereka juga sangat bangga akan hal itu.
"Mereka membuat tato dan masker wajah [selama Covid-19] dengan desain Al-Qatt," katanya sambil terkekeh.
Sementara pernak-pernik seperti dallahs (teko kopi Arab), pembakar dupa dan pot tanah liat dengan desain Al-Qatt telah meresap ke pasar lokal, desainnya juga telah menemukan jalan mereka ke mode kelas atas di mana mereka dibeli untuk 'Asiri dan Saudi yang unik.
Bertengger di medan yang curam dan hijau, Rijal Almaa dari abad ke-10 adalah kumpulan dari sekitar 60 benteng bebatuan yang tingginya sekitar 20 Meter. (Foto. Eric Lafforgue/Getty Images)
Hindamme, merek pakaian mewah dan Tamashee, merek sepatu kelas atas, keduanya memiliki lini produk Al-Qatt.
Kembali di Sarat Ubaida, Al Qahtani menjelaskan bahwa para wanita 'Asir bangga dengan semua yang telah mereka warisi dan warisan yang mereka wariskan kepada generasi berikutnya.
"'Asir berarti 'sulit' dalam bahasa Arab," katanya. "Sama seperti lanskapnya, para wanitanya tangguh, kreatif, dan sabar."
"Perempuan 'Asir menyukai perhiasan, seni dan inovasi. Dan itu bukan hal yang aneh, karena daerah kita indah dan menginspirasi". (*)
Tags : Arab Saudi, Industri pariwisata dan hiburan, Seni budaya,