Bisnis   2023/12/30 16:46 WIB

BI Pastikan Ketersediaan Uang Kartal untuk Masyarakat Riau Hadapi Nataru 2024

BI Pastikan Ketersediaan Uang Kartal untuk Masyarakat Riau Hadapi Nataru 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau telah memastikan kebutuhan uang kartal untuk masyarakat selama bulan Desember, termasuk perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, akan terpenuhi dengan memadai.

"BI sediakan uang kartal untuk masyarakat Riau."

"Sementara untuk wilayah provinsi riau, kebutuhan uang kartal untuk 12 kabupaten/kota selama bulan desember 2023 sebesar Rp3,5 triliun," kata Kepala BI Riau, Muhamad Nur, Jumat (29/12).

Muhamad Nur menyatakan, kebutuhan uang secara nasional pada periode tersebut mencapai Rp130,4 triliun, meningkat 10,896 (yoy) dari tahun sebelumnya.

Muhamad Nur menjelaskan, terjadi penurunan kebutuhan uang kartal sebesar 30 persen year on year (yoy), dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022 yang mencapai Rp5 triliun.

"Penurunan ini sejalan dengan meningkatnya transaksi secara digital atau nontunai oleh masyarakat, seperti penggunaan QRIS dan BI-FAST," jelasnya.

BI Riau juga mengimbau bank-bank di wilayah Riau untuk selalu memastikan ketersediaan uang di ATM, terutama selama liburan dan menjaga keamanan fasilitas ATM.

"Ini demi mencukupi kebutuhan masyarakat," sebutnya.(*)

Tags : bank indonesia, bi, ketersediaan uang kartal, riau, nataru 2024,