Riau   2024/06/03 23:9 WIB

BNPB Kirim Bantuan Helikopter Water Bombing ke Riau untuk Penanganan Karhutla

BNPB Kirim Bantuan Helikopter Water Bombing ke Riau  untuk Penanganan Karhutla

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kirim bantuan helikopter water bombing ke Riau.

"Helikopter Water Bombing untuk penanganan Karhutla."

"Alhamdulillah, helikopter water bombing bantuan BNPB sudah datang tadi sore," kata Kalaksa BPBD Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Senin (3/6/2024).

Helikopter Water Bombing untuk penanganan hutan dan lahan (Karhutla) di Riau telah tiba di Pekanbaru.

Helikopter tersebut terbang dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah (Kalteng) menuju Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) sebelum akhirnya sampai di Pekanbaru, Riau.

 

Edy Afrizal menjelaskan, bantuan helikopter dari BNPB tersebut mendarat di Pangkalan Udara Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

"Bantuan helikopter water bombing yang datang ini adalah jenis Kamov KA32T RA31009 dengan kapasitas bombing 5.000 liter," terangnya.

Dengan tambahan helikopter water bombing dari BNPB, kini terdapat tiga helikopter yang siaga di Riau.

Rinciannya, satu helikopter patroli bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta satu helikopter patroli dan satu helikopter water bombing dari BNPB.

"Kita berharap dengan adanya tambahan helikopter dari BNPB ini bisa memaksimalkan penanggulangan maupun penanganan Karhutla di riau," tutup Edy.

Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang sering kali terjadi di wilayah Riau, terutama selama musim kemarau.

Dengan adanya tambahan armada ini, diharapkan respons terhadap kebakaran hutan bisa lebih cepat dan efektif, mengurangi dampak buruk yang ditimbulkan oleh Karhutla terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.(*)

Tags : BNPB, Bantuan Helikopter Water Bombing, Riau, Penanganan Karhutla,