Wisata   2023/11/12 21:3 WIB

BPS Merilis Kunjungan Wisatawan Asing di Riau Turun 20,7 Persen, 'Hanya Terdapat 3.472 Kunjungan yang Didominasi Turis Malaysia'

BPS Merilis Kunjungan Wisatawan Asing di Riau Turun 20,7 Persen, 'Hanya Terdapat 3.472 Kunjungan yang Didominasi Turis Malaysia'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data terbaru yang menunjukkan penurunan jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang mengunjungi Provinsi Riau. Penurunan terjadi pada September 2023.

"BPS Merilis kunjungan wisatawan asing [Wisman] di Riau turun 20,7 Persen."

"Hanya terdapat 3.472 kunjungan wisman pada September mengalami penurunan sebesar 20,71 persen dari bulan sebelumnya yang mencapai 4.379 kunjungan," kata Kepala BPS Riau, Asep Riyadi dalam keterangan resminya dirilis Antarariau.com.

Asep menyoroti bahwa wisman yang datang ke Riau didominasi oleh kunjungan dari Malaysia, dengan sebanyak 766 kunjungan atau 22,06 persen dari total wisman. Mayoritas wisman tersebut memasuki provinsi melalui Pelabuhan Dumai.

Sementara itu, wisman yang masuk melalui Pelabuhan Bengkalis mencapai 393 kunjungan (11,32 persen) dan melalui Pelabuhan Tanjung Harapan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 147 kunjungan (4,23 persen).

Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru juga menjadi pintu masuk utama, menyumbang 2.166 kunjungan wisman atau 62,38 persen dari total kunjungan.

Meski pemerintah telah menyatakan Indonesia aman untuk dikunjungi setelah berakhirnya pandemi COVID-19, data menunjukkan penurunan kunjungan wisman selama bulan September 2023.

Asep menjelaskan bahwa data ini mencakup berbagai aspek pariwisata, termasuk Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Berbintang, Rata-rata Lama Menginap Tamu Asing, dan Tamu Domestik di Hotel Berbintang.

Dia menambahkan bahwa jumlah wisman diperoleh dari pintu imigrasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II dan tiga pelabuhan laut di Provinsi Riau, yaitu Pelabuhan Laut Dumai, Pelabuhan Laut Bengkalis, dan Pelabuhan Laut Meranti. (*)

Tags : kunjungan wisatawan asing, kunjungan wisman turun, 3.472 wisman kunjungi riau, turis Malaysia,