Headline Pekanbaru   2024/02/22 16:18 WIB

Bulog Pastikan ada 21 Ton Ketersediaan Beras di Riau, 'yang Bisa Bertahan Sampai Idulfitri'

Bulog Pastikan ada 21 Ton Ketersediaan Beras di Riau, 'yang Bisa Bertahan Sampai Idulfitri'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Perusahaan Umum [Perum] Badan Usaha Logistik [Bulog] Wilayah Riau dan Kepulauan Riau memberikan jaminan bahwa stok beras aman untuk beberapa bulan ke depan, bahkan diprediksi stok beras aman saat Ramadan dan Idulfitri tiba.

"Ada 21 ton ketersediaan beras tersedia hingga sampai Idulfitri."

"Stok beras kita aman sampai Ramadan nanti, jadi masyarakat tak perlu khawatir," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Riau dan Kepri, Maidana Aulia Siregar.

Stok beras saat ini mencapai 21 ribu ton. Diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga Juni mendatang.

Maidana juga menambahkan bahwa jika ada kekurangan stok, akan dilakukan penambahan.

"Kemudian nanti akan kita minta lagi, kalau tidak dari DKI atau Sumatera Utara," katanya.

Selain itu, untuk menjaga stabilitas harga pangan, Bulog terus menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pasar (SPHP), yang hingga saat ini telah mencapai 7.975 ton.

Upaya lainnya termasuk penyelenggaraan pasar murah bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Dinas Ketahanan Pangan di kabupaten/kota.

Dalam waktu dekat, diperkirakan akan ada penambahan stok beras yang masuk ke Riau, memberikan kepastian tersedianya beras dalam menyambut Ramadan serta menjaga stabilitas harga pangan di wilayah tersebut. 

Sebelumnya, Bulog juga telah menyalurkan sebanyak  363 ribu lebih keluarga penerima manfaat (KPM) di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) mendapatkan bantuan pangan beras dari Bulog Riau dan Kepulauan Riau.

Penyaluran bantuan pangan beras telah dilakukan serentak di seluruh Indonesia sejak Senin 11 September 2023 lalu.

Penyaluran dilakukan secara bertahap selama tiga bulan alokasi, yaitu September, Oktober dan November.

Untuk Kota Pekanbaru ada sekitar 16 ribu lebih KPM, sedangkan Riau 293 ribu KPM, sementara untuk Kepri ada sekitar 70 ribu lebih KPM.

"Transporternya adalah PT Pos yang menyerahkan kepada KPM, PT Pos mengambil dari gudang kemudian diserahkan kepada KPM," kata Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Riau dan Kepri, Maidana Aulia Siregar.

Pihaknya juga memastikan stok beras di Riau aman. Untuk Riau stok beras masih tersedia sebanyak  19 ribu ton, kemudian Kepri 7 ribu ton.

"Stok masih cukup sampai 5 bulan kedepan, nanti masih ada lagi tambahan yang akan dikirim ke Riau, ini di Dumai masih ada proses bongkar kapal, nanti akan ada tambahan lagi," kata Maidana. (*)

Tags : Badan Usaha Logistik, Bulog, Riau, Ketersediaan Beras, 21 TonBeras Tersedia, Beras Bulog Bertahan Hingga Idulfitri,