Artikel   2023/10/26 17:13 WIB

Bupati Afrizal Sintong Raih Penghargaan Berkat Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem yang Dihadiri Wapres KH Maruf Amin

Bupati Afrizal Sintong Raih Penghargaan Berkat Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem yang Dihadiri Wapres KH Maruf Amin
Bupati Rohil, Afrizal Sintong mendapat penghargaan atas penanganan stunting

AFRIJAL SINTONG, Bupati Rokan Hilir, meraih penghargaan atas kontribusinya dalam upaya pengentasan stunting di Indonesia.

"Penghargaan berkat penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem."

"Penurunan kasus stunting di wilayah Rohil terus terjadi, kita berkomitmen untuk terus mendukung penanganan stunting yang terintegrasi di Kabupaten Rohil dan meminta dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk upaya," kata Bupati Rohil Afrijal Sintong.

Bupati Rohil dianugerahi penghargaan berkat program Bersama Entaskan Stunting (BERES) yang  tahun 2021 Rohil 29,7 persen, "Alhamdulillah turun di 2022 menjadi 14,7 persen," ungkap Bupati Rohil.

Acara pemberian penghargaan berlangsung pada Kamis 26 Oktober 2023 di Studio 1 Kompas TV, Jakarta. Acara ini dihadiri oleh Wakil Presiden, KH Maruf Amin.

BERES adalah program terukur yang bertujuan mencegah dan mengatasi stunting dengan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada balita yang mengalami masalah berat badan, berat badan kurang, dan kekurangan gizi.

Bupati Rohil Afrizal Sintong adalah salah satu dari sejumlah kepala daerah yang diakui atas upayanya dalam menangani stunting, dan dia meraih penghargaan dalam acara tersebut. Wapres Maruf Amin memberikan apresiasi untuk komitmen pihak swasta dan Kelompok Kompas-Gramedia dalam percepatan penurunan stunting.

Wapres Maruf Amin menyampaikan arahan kepada para pemangku kepentingan dalam penanganan stunting, meminta mereka untuk terus bekerja sama dalam menurunkan prevalensi stunting. Guna menciptakan generasi emas tahun 2045.

Bupati Rohil sendiri melaporkan penurunan kasus stunting di wilayahnya. Afrizal Sintong berkomitmen untuk terus mendukung penanganan stunting yang terintegrasi di Kabupaten Rokan Hilir dan meminta dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk upaya tersebut.

"Tahun 2021 Rohil 29,7 persen, Alhamdulillah turun di 2022 menjadi 14,7 persen," ungkap Bupati Rohil.

Selain penanganan stunting, Bupati Rohil juga menyuarakan masalah kemiskinan ekstrem. Ia mencatat bahwa masih ada warga dengan penghasilan sangat rendah, sekitar Rp11 ribu per orang per hari atau Rp1,2 juta perbulan per keluarga, dan sekitar 56.000 orang masuk dalam data DTKS.

Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah setempat mengalokasikan dana sekitar Rp121,9 miliar pada tahun 2023. Untuk berbagai program penanggulangan kemiskinan ekstrem di berbagai bidang, seperti kesehatan, koperasi, ketenagakerjaan, pendidikan, sosial, dan Perkim. (*)

Tags : Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Bupati Raih Penghargaan, Penanganan Stunting dan Kemiskinan Ekstrem, Bupati Raih Penghargaan Dihadiri Wapres KH Maruf Amin,