Pelalawan   2020/11/27 21:31 WIB

Bupati Harris Salurkan BLT DD Bagi Warga Terdampak Covid-19 

Bupati Harris Salurkan BLT DD Bagi Warga Terdampak Covid-19 
Bupati Pelalawan HM Harris menyerahkan bantuan BLT DD di Desa Sungai Ara, Kab. Pelalawan.

PELALAWAN - Bupati Pelalawan HM Harris mengikuti instruksi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang mengubah alokasi anggaran dana desa menjadi bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

BLT Dana Desa disalurkan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19, Bupati Pelalawan HM Harris didampingi oleh sejumlah pejabat yang ada di daerah. Penyerahan bantuan BLT Dana Desa dimulai di Desa Tambak, Kecamatan Langgam pada Kamis 11 November 2020 dilakukan di halaman Kantor Kepala Desa Tambak, Kecamatan Langgam. "Bantuan BLT ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat yang kurang mampu yang ada di Kabupaten Pelalawan khususnya di Desa Tambak," kata HM Harris didampingi Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST MM, Danramil, Camat Langgam Sugeng Wihariyadi, Kapolsek Langgam, Kepala Desa Tambak Nirwan, tokoh masyarakat, tokoh Agama beserta masyarakat penerima bantuan BLT. 

Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu yang ada di Desa Tambak Kecamatan Langgam. Dalam hal ini sesuai dengan kriteria yang telah diseleksi oleh pihak Pemerintah Desa Tambak yang benar-benar layak untuk mendapatkan dananya. "Adapun besaran bantuan yang diberikan adalah senilai Rp 600.000,- per kepala keluarga.

Bupati juga mengatakan bahwa semua pihak harus bersama-sama mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, baik itu dari kesehatan yang ada di Desa Tambak seperti Puskesdes maupun Puskesmas terdekat. Walaupun status kegiatan sekarang sudah new normal, masyarakat harus tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari. "Jika keluar rumah hendaknya selalu memakai masker, selalu mencuci tangan, atur jarak, hindari bersalam-salaman untuk sementara waktu menjelang keadaan benar-benar aman di negeri kita ini dari Virus Corona. Hal itu demi menjaga kesehatan kita serta orang lain guna untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang meresahkan kita semua," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, ST, MM dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan BLT yang diserahkan pada hari ini adalah bantuan untuk tiga bulan mulai dari bulan April, Mei dan Juni. Syarat yang menerima bantuan BLT ini adalah masyarakat yang tidak menerima bantuan PKH  dengan tujuan agar masyarakat lainnya bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah. "Kita harapkan untuk menghindari penyebaran Virus Covid-19 seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, hindari berjabat tangan dengan orang lain, serta menghindari kerumunan," sebutnya. 

Selanjutnya, Bupati Pelalawan HM Harris bersama Ketua DPRD Pelalawan Adi Sukemi, ST, MM dan Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijadmiko, SIK, Kapolsek Pangkalan Kerinci AKP Novaldi, SIK dan Camat Pangkalan Kerinci menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di empat Desa Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Usai di Pangkalankerinci, penyerahan BLT DD dilakukan oleh Bupati Pelalawan HM Harris di empat desa di dua kecamatan berbeda di Kabupaten Pelalawan. Titik BLT-DD pertama yang diserahkan adalah di Desa Sungai Ara Kecamatan Pelalawan. Di desa ini, sebanyak 107 masyarakat, penerima BLT-DD tahap pertama.

Titik kedua yakni penyerahan BLT DD di Desa Rangsang, Kecamatan Pelalawan. Di Desa Rangsang ada sebanyak 52 warga penerima BLT-DD tahap pertama. Selanjutnya di titik ketiga penyerahan BLT-DD adalah di Desa Kuala Tolam Kecamatan Pelalawan. Di Desa Tolam sendiri penyerahan BLT-DD tahap kedua. Dimana pada tahap pertama sudah diserahkan, dengan penerima sebanyak 56 orang. Seterusnya untuk tahap kedua berjumlah 104 masyarakat. Di titik keempat adalah penyerahan BLT-DD di Desa Lubuk Mandian Gajah Kecamatan Bunut. BLT-DD tahap pertama di desa ini diterima sebanyak 57 masyarakat.

Pada setiap penyerahan BLT-DD di setiap desa bupati Harris berpesan kepada masyarakat untuk menggunakan dana ini untuk kebutuhan sehari-hari. Sebab bantuan tersebut bertujuan menopang perekomian masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19. Tidak itu saja pada kesempatan itu Bupati Harris berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga kondisi daerah tetap kondusif. (rp.elf/*)

Tags : Bupati Pelalawan, HM Harris, BLT DD, Warga Terdampak Covid-19 ,