News Daerah   2022/08/04 18:12 WIB

Cara Unik Desa Air Hitam dalam Persiapan HUT RI Ke -77 Tahun 2022

 Cara Unik Desa Air Hitam dalam Persiapan HUT RI Ke -77 Tahun 2022
Wakil Bupati Pelalawan Drs. H. Zardewan diampingi Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan Sri Noralita, Camat Ukui Amri Juharza, Kades Air Hitam Tansi Sitorus (sebelah kanan) dan Kades Lubuk Kembang Bunga Rusi Chairus serahkan bantuan Sembako kepada warga di dua desa di Kecamatan Ukui.

PELALAWAN - Tidak kurang dari dua minggu dari sekarang, Bangsa Indonesia akan merayakan Hari yang sangat bersejarah, yaitu Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yang mana Bangsa Indonesia telah memproklamasikan Kemerdekaanya. 

"Cara unik Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau dalam persiapan HUT RI ke -77 Tahun 2022."

"Pertam-tama untuk mempersiapkan berbagai acara menghadapi perayaan HUT RI ke 77, kami disiini tentunya koordinasi dari pemerintah desa ke kecamatan, dan juga berbagai elemen masyarakat," kata Kepala Desa (Kades) Air Hitam, Tansi Sitorus menceritakan persiapan desanya menghadapi HUT RI kali ini.

Menurutnya, rapat koordinasi sudah dalam menghadapi perayaan hari kemerdekaan saban tahun dilakukan. 

Camat Pangkalan Kuras memberikan apresiasi dengan pelaksanaan HUT tahun lalu yang sukses, dari mulai pelaksanan Upacara sampai acara karnafal, bahkan acara lomba-lomba antar desa juga tergolong sukses.

"Walaupun perlu ada pembenahan dalam pelaksanaan yang akan datang. Kita berharap untuk tahun ini bisa lebih meriah lagi dengan lomba K3 maupun lomba-lomba yang berbasis produksi lokal seperti halnya UMKM," sebut Tansi.

Menurutnya, setiap tahun, perayaan HUT Kemerdekaan RI selalu disambut meriah oleh masyarakat desa. Namun, momen Agustusan tahun ini agak berbeda lantaran memang masih pandemi Covid-19 merebak di segala penjuru Tanah Air.

"Upacara di kantor bupati Pelalawan pun akan diselenggarakan secara terbatas begitupun jumlah Paskibraka."

Meski demikian, warga Desa Air Hitam ini tetap antusias menyambut perayaan Kemerdekaan RI. Tahun lalu mereka menghias jalan kampung dan rumah masing-masing dengan aneka pernak-pernik khas Agustusan.

Saat melintas di desa pada malam hari, akan disuguhi pemandangan kampung yang bersih, adem dan nyaman dengan pepohonanberjajar di sepanjang jalan.

Antusiasme menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-77 itu ditunjukkan oleh warga desa terlihat sangat meriah dengan hiasan beraneka warna, bendera merah putih, serta umbul-umbul.

Kendatipun kasus pandemi Covid-19 masih ada, hal itu tidak menyurutkan semangat warga dalam menghias kampung tempat tinggalnya. Hal ini dilakukan untuk menyambut hari istimewa yang setiap tahun selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

“Yoiki sing patut ditiru, walau onok Corona, Kampung ga oleh mati, Agustusan kudu tetep semarak. Kerennn AirHitam. (Ya ini yang patut ditiru, walau ada corona, kampung tidak boleh mati, Agustusan harus tetap semarak. Keren Air Hitam),” tulis @lovepelalawan dalam twittnya.

Tetapi kembali seperti ditegaskan Tansi Sitorus, di mana bendera, umbul-umbul yang beraneka warna perlu dilakukan untuk menciptakan suasana kampung yang semarak.

"Tidak hanya itu, jalanan kampung pun bersih dengan pola-pola tertentu yang menambah suasana semarak," sebutnya.

Di malam hari, desa itu tampak warga hilir mudik bersepeda motor di jalan kampung begitu juga anak-anak dengan riang bermain. Para warga pun tampak masih sibuk menyiapkan aneka pernak-pernik Agustusan di depan rumahnya.

Tidak hanya itu, dalam situasi masih Covid-19, warga desa ini tak kehilangan kreativitas. Mereka tetap menggelar lomba Agustusan dengan sederhana. Pasalnya, kawasan ini memang sudah dinyatakan sebagai zona hijau Covid-19. 

Jadi lomba Agustusan juga digelar secara sederhana di Desa Air Hitam, tidak berkerumun dan tetep mengikuti protokol kesehatan, kampung ini juga masuk Kampung Tangguh (Zona Hijau).

Tags : Desa Air Hitam, Wisata Desa, HUT RI 17 Agustus, Desa Air Hitam, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, News Daerah,