Politik   2021/06/12 20:10 WIB

Covid-19: DR Achmad Minta Pemerintah 'Getol Sosialisai Vaksinasi dan Bangun Kepercayaan Masyarakat'

Covid-19: DR Achmad Minta Pemerintah 'Getol Sosialisai Vaksinasi dan Bangun Kepercayaan Masyarakat'
DR H Achmad MSi, Anggota Komisi VIII DPR RI

JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI, DR H Achmad MSi, minta pemerintah serius menyosialisasikan pemberian vaksin Sinovac ke masyarakat agar tidak ada lagi kecurigaan terhadap pemerintah dan tidak perlu menghabiskan waktu berdebat terkait pemberian vaksin sehingga bisa fokus pembenahan yang lain.

Sebagai orang yang diberi kewenangan, Achmad meminta, Satgas Nasional Penanganan Covid-19, harus getol sosialisasikan vaksinasi dengan menggandeng media, tokoh masyarakat dan lainnya supaya kepercayaan masyarakat terbangun. "Pemerintah harus bangun trust (kepercayaan-red). Ketua Satgas Doni Monardo sudah diamanahkan untuk ini. Bahkan DPR sudah memberikan keleluasaan anggaran sehingga tidak ada alasan lagi tidak melakukan hal tersebut," tegas Achmad, Jumat (15/1/2021) sore, melalui rilis resminya.

Achmad juga mengaku, hingga kini masyarakat masih ragu dengan penggunaan vaksin Sinovac. Padahal masyarakat bukan tidak ingin untuk divaksin, hanya saja masyarakat kurang dapatkan informasi tentang keamanan dan efek samping vaksin tersebut.  "Karena kurangnya sosialisasi dan keterbukaan informasi maka terjadi bermacam tanggap dan persepsi di masyarakat. Bukan hanya masyarakat, tapi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota berbeda-beda tanggapan mereka apalagi uji klinik ketiga juga belum selesai," tegas Achmad, anggota DPR dari Dapil Riau I.

Mantan Bupati Rohul dua priode yang iuga politisi senior Demokrat mengklaim, pemerintah terlalu terburu-buru mengimpor vaksin juga terlalu memaksakan agar diberikan ke masyarakat. Sementara vaksin tersebut belum bisa dipastikan 100 persen aman bagi masyarakat Indonesia. "Karena itu, pemerintah harus bisa menjamin keamanan vaksin. Kita tidak ingin karena kecerobohan pemerintah rakyat yang jadi korban," tegas Achmad. (rilis)

Tags : Anggota Komisi VIII DPR RI DR H Achmad MSi, Covid-19, Getol sosialisai Vaksinasi, Bangun Kepercayaan Masyarakat',