Pekanbaru   2021/01/10 18:44 WIB

Cuaca 10 Januari 2021, BMKG: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang di Riau

Cuaca 10 Januari 2021, BMKG: Waspada Hujan Petir dan Angin Kencang di Riau

PEKANBARU - Curah hujan yang terjadi sejak Minggu (10/1/2021) dini hari tadi diperkirakan masih berlanjut. Untuk Kota Pekanbaru ada beberapa kecamatan yang saat ini sedang diguyur hujan seperti Kecamatan Rumbai, Tampan, Marpoyan Damai dan Payung Sekaki.

Memasuki akhir pekan, kondisi cuaca di sejumlah wilayah di Riau diperkirakan bakal diguyur hujan. Tak hanya pagi hari, hujan petir dan angin kencang juga dilaporkan berpotensi terjadi hingga malam nanti. "Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di Riau pada siang hingga malam hari," kata peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbarudi laman resminya.

Siang hari, hujan intensitas sedang hingga angin kencang berpotensi turun di ketiga kota dan serta hujan petir hingga malam nanti. Sejumlah wilayah daerah juga diprediksi akan diguyur hujan disertai petir dan angin kencang, pada pagi hari wilayah beberapa daerah kabupaten diprediksi hujan ringan. Masyarakat diminta mewaspadai terjadinya hujan disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat ini. Memasuki malam hari, hampir seluruh wilayah Riau diperkirakan berawan. Seperti di Kota Pekanbaru, curah hujan sejak dini hari tadi terjadi hampir sebagian besar wilayah di Riau, dan masyarakat dihimbau untuk senantiasa waspada dan lebih berhati-hati akan potensi hujan yang disertai angin kencang dan petir.

Masyarakat juga dihimbau untuk waspada, terutama bagi wilayah yang kerap kali terjadinya banjir akibat tingginya intensitas hujan di Riau beberapa hari kedepan. Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru. "Hujan yang saat ini terjadi disebagian besar daerah di Riau akan terus berlanjut hingga dini hari nanti, termasuk untuk wilayah kota Pekanbaru dan beberapa daerah lainnya seperti Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Meranti, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir," ujar Forecaster On Duty, Bibin, Minggu (10/1).

Sementara untu malam hari nanti potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi disebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Siak, Kep. Meranti, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kampar, Pelalawan, dan Indragiri Hilir. "Kita menghimbau masyarakat tetap waspada, mengingat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang, terutama diprediksi terjadi disebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru, Siak dan Pelalawan pada pagi dan siang hari," Himbau Bibin.

Untuk informasi suhu udara di Riau hati ini berada di 23.0 – 31.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 98 %. Sementara untuk arah angin bergerak dari utara – Timur Laut / 05 – 36 km/jam. Sementara untuk prakiraan gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 m. (*)

Tags : Cuaca, Cuaca Hari Ini, Cuaca Pekanbaru, Pekanbaru Hari Ini, BMKG, BMKG Hari Ini,