Headline Kepri   2023/02/15 13:15 WIB

BMKG Peringatkan Nelayan Riau-Kepri Waspada Cuaca Ekstrem, 'yang Berpotensi Ombak Tinggi Dua Meter'

BMKG Peringatkan Nelayan Riau-Kepri Waspada Cuaca Ekstrem, 'yang Berpotensi Ombak Tinggi Dua Meter'

PEKANBARU - Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memberi peringatan yang saat ini terjadi cuaca ekstrem buat nelayan waspada ombak tinggi di laut Kepri sejak Kamis 9 Februari 2023.

"Bagi yang melintas di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) agar dapat mewaspadai ada potensi gelombang tinggi dua meter dapat terjadi di laut Kepri."

"Waspada ketinggian gelombang yang dapat mencapai 2 meter di wilayah perairan utara Bangka. Serta waspada kecepatan angin yang dapat mencapai 20 knot di wilayah perairan Kepulauan Riau," sebut petugas BMKG Pekanbaru, Yasir, Rabu (15/2/2023).

Menurutnya, untuk prakiraan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter.

Selain itu masyarakat di Riau diperingatkan waspada hujan lebat disertai angin kencang, yang berpotensi terjadi meski Riau masuk musim kemarau. Untuk pantauan hotspot atau titik panas di Riau nihil.

Pada Kamis 9 Februari 2023, potensi gelombang tinggi sudah terjadi di laut Kepri. Ombak setinggi 1,5 meter dapat terjadi di laut Bangka. Tetapi prakiraan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter.

"Begitupun di wilayah Perairan Utara Bangka potensi gelombang laut dapat mencapai ketinggian 1,5 meter," sebut Yasir.

Selain itu hujan lebat disertai angin kencang berpotensi melanda sebagian wilayah Riau. Untuk pantauan hotspot atau titik panas di Riau nihil.

Sebelumnya pada Selasa 7 Februari 2023 cuaca ekstrem juga terjadi dan bagi kapal-kapal yang melintas di Kepri juga diperingatkan potensi angin kencang ini. Bahkan ada potensi gelombang setinggi 2 meter di laut Bintan.

BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter.

"Waspada potensi angin yang dapat mencapai 20 Knot di wilayah perairan Bintan dan Lingga. Ada potensi ketinggian gelombang yang dapat mencapai 2 meter di wilayah perairan Bintan," sebut Yasir.

Cuaca ekstrem menyebabkan hujan lebat disertai angin kencang juga berpotensi terjadi melanda sebagian wilayah Riau. Begitupun pada Kamis 2 Februari 2023 lalu kapal-kapal yang melintas di Kepri diminta waspada potensi gelombang setinggi. 

"Untuk prakiraan tinggi gelombang laut di Provinsi Riau masih tergolong rendah, berkisar 0,5 hingga 1,25 meter."

"Tetapi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter terjadi di wilayah Perairan Utara Bangka dan 2 meter sempat terjadi di wilayah perairan Bintan," terangnya. (*)

Tags : Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem, Nelayan Diperingatkan Waspada Ombak Tinggi di Laut Kepri,