Linkungan   2023/10/22 21:5 WIB

Cuaca Panas Ekstrem Merenggut Puluhan Ribu Nyawa Setiap Tahun, 'Juga Ancam Anak-anak'

Cuaca Panas Ekstrem Merenggut Puluhan Ribu Nyawa Setiap Tahun, 'Juga Ancam Anak-anak'
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat panas di sebuah lingkungan, di antaranya terkait jumlah pohon di wilayah tersebut.

LINGKUNGAN - Gelombang panas merenggut puluhan ribu nyawa setiap tahunnya. Kini sebuah proyek pemetaan di AS mengungkap kelompok yang paling berisiko agar bisa mendapatkan bantuan.

Pada suatu malam yang panas di bulan Agustus, suhu di Irving, pinggiran kota Dallas, Texas, AS, dapat mencapai 45 derajat Celsius. Cuaca ini membuat kegiatan di luar ruangan menjadi tantangan bagi Christina dan Landon Howard serta kedua anak mereka yang berusia sembilan dan 10 tahun.

“Kami tidak bisa berenang atau melakukan aktivitas luar ruangan sehari-hari lainnya karena di luar terlalu panas,” kata Christina. “Putra kami harus kembali ke dalam rumah setelah 10 menit bermain skateboard karena dia merasa lelah akibat kondisi panas yang ekstrem."

Anak-anak berisiko lebih tinggi dirawat di rumah sakit selama gelombang panas ketika suhu melebihi 29 derajat Celsius, demikian temuan sebuah penelitian tentang cuaca panas dan kunjungan anak-anak ke unit gawat darurat di Kota New York. 

Anak-anak berusia 0 hingga empat tahun merupakan kelompok yang paling rentan, diikuti oleh anak-anak berusia 13 hingga 18 tahun dan anak berusia lima hingga 12 tahun.

Rumah-rumah di Texas pada umumnya memiliki AC, tetapi dengan sedikitnya waktu berkegiatan di luar ruangan akibat cuaca panas, peningkatan penggunaan energi memberatkan ekonomi keluarga Howard.

“Kami memperkirakan akan membayar hampir US$1.000 (senilai Rp15,6 juta) untuk tagihan listrik bulan depan. Sangat mengkhawatirkan,” kata Landon.

“Mengeluarkan uang untuk perbaikan AC tergolong mahal dan akan semakin sulit bagi kami untuk membayarnya.”

Christina dan Landon memutuskan untuk mengambil tindakan sendiri. Pada Agustus 2023, mereka mulai menjadi sukarelawan dalam kampanye pemetaan panas perkotaan National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) setelah mendengar skema tersebut melalui pengumuman di Kota Dallas.

Inisiatif ini mengumpulkan data hiperlokal untuk memahami kerentanan terhadap paparan panas.

Selama beberapa tahun, Christina dan Landon juga menjadi bagian dari kelompok fokus perubahan iklim di Texas, membantu membuat krisis panas yang tidak mendapat banyak sorotan ini menjadi lebih terlihat.

“Kami selalu tertarik pada bagaimana perubahan iklim akan mempengaruhi kehidupan kita dan dunia, bahkan sebelum daur ulang menjadi hal yang penting di Texas,” kata Christina.

Peta panas NOAA membantu pembuat kebijakan dan keluarga memahami dampak nyata gelombang panas dengan kejelasan yang belum pernah ada sebelumnya.

Peta itu didapatkan dengan menggabungkan citra satelit, data suhu dan kelembapan udara yang dikumpulkan oleh para sukarelawan, yang memungkinkan mereka menerapkan solusi pendinginan untuk kebutuhan spesifik setiap komunitas.

“Jika peta panas komunitas dapat membantu melobi pemerintah di AS untuk mengenali ancaman kesehatan jangka panjang dari panas ekstrem, dan dampak lingkungan dan ekonomi terhadap perlindungan anak-anak kita dan keluarga lainnya – kami ingin menjadi bagian dari hal itu,” ujar Landon.

Keluarga Howard bukan satu-satunya yang mengalami tantangan cuaca panas ekstrem.

Ketika suhu global terus meningkat, gelombang panas ekstrem semakin sering terjadi di kota-kota di seluruh dunia.

Gelombang panas juga diperkirakan menyebabkan 38.000 kematian per tahun di seluruh dunia pada 2050, dengan 1.300 kematian terjadi setiap tahunnya di AS.

Mayoritas kematian ini terjadi pada anak-anak di bawah usia lima tahun dan orang dewasa di atas 65 tahun, menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kami menyebut panas ekstrem sebagai 'pembunuh diam-diam', [karena] kita mungkin tidak langsung melihat dampaknya,” kata Morgan Zabow dari Sistem Informasi Kesehatan Panas Terpadu Nasional – sebuah organisasi AS yang memberikan kesadaran dan informasi berbasis sains untuk melindungi manusia dari gelombang panas.

Panas juga dapat memperburuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, seperti kondisi pernapasan dan kardiovaskular pada anak kecil.

"Gelombang panas menimbulkan risiko lebih besar bagi anak-anak yang sehat. Mereka belum mampu mengatur suhu tubuh dibandingkan orang dewasa, lebih sedikit berkeringat, dan detak jantung serta pernapasan mereka lebih cepat dibandingkan orang dewasa," kata Kimberley O'Sullivan, peneliti senior perumahan dan kesehatan. di Universitas Otago di Selandia Baru.

Bayi dan anak-anak yang tinggal di lingkungan miskin adalah kelompok yang paling rentan terhadap kenaikan suhu panas, dan mereka termasuk dalam kelompok etnis minoritas.

Risiko kesehatan dapat terjadi bahkan sebelum anak-anak dilahirkan – dan dampaknya dapat meluas hingga melampaui masa kanak-kanak mereka.

Sebuah studi yang meneliti dampak paparan suhu ekstrem di Kota New York menemukan bayi yang lahir pada suhu di atas 29 derajat Celsius dan dari latar belakang sosial ekonomi yang lebih rendah cenderung mengalami penurunan berat lahir sebesar 1,8 gram, yang diperkirakan akan meningkat menjadi 4,6 gram pada 2070.

Gelombang panas, seperti peristiwa cuaca ekstrem lainnya, memperburuk kesenjangan antara komunitas kaya, yang seringkali berkulit putih di AS, dan tetangga mereka yang kurang beruntung secara ekonomi atau etnis minoritas.

“Salah satu alasannya adalah banyak orang yang tinggal di lingkungan panas dalam kota, yang dikenal sebagai 'urban heat island', tidak siap menghadapi panas,” kata Nicole Ngo, penulis utama studi ini dan peneliti asosiasi di bidang perencanaan dan kebijakan publik di Universitas Oregon.

Urban heat island merupakan kawasan padat dengan lebih sedikit pepohonan, lebih banyak bangunan, dan aspal hitam dari trotoar yang menyerap panas.

Suhu di wilayah tersebut bisa mencapai 6,7 derajat Celsius lebih panas di malam hari dibandingkan daerah sekitarnya yang memiliki lebih banyak pepohonan, rumput, dan lebih sedikit aspal hitam, menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS.

Praktik redlining yang kini menjadi ilegal, ketika pemerintah federal memberikan cap lingkungan non-kulit putih sebagai lingkungan yang tidak diinginkan, secara historis memengaruhi jumlah dana lokal yang disalurkan ke wilayah tersebut.

Keluarga berpenghasilan rendah dan komunitas kulit berwarna lebih cenderung tinggal di wilayah yang lebih padat penduduknya, dan lebih dekat dengan industri yang menimbulkan polusi seperti energi, konstruksi, dan transportasi.

Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa kehidupan di wilayah ini sangat sulit bagi anak-anak. Namun, apakah ini berarti masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut tidak mau mengambil tindakan?

“Ada asumsi negatif bahwa keluarga miskin terlalu sibuk dengan isu-isu ekonomi dan sosial sehingga perubahan iklim tidak menjadi perhatian mereka,” kata Merill Singer, profesor antropologi di Universitas Connecticut di AS, yang penelitiannya berfokus pada dampak masyarakat dan persepsi perubahan iklim dalam antropologi medis.

Sebuah penelitian terhadap lingkungan di Hartford, Connecticut, yang merupakan rumah bagi populasi Latin dalam jumlah besar, menemukan bahwa penduduknya merasa dikecualikan dari informasi perubahan iklim.

Para peserta penelitian sangat tertarik dengan bagaimana gelombang panas mempengaruhi kesehatan bayi dan anak kecil mereka.

“Kami menemukan dalam penelitian kami bahwa warga sangat khawatir karena mereka sudah merasakan dampak dan menanggung akibatnya,” kata Singer. “Mereka menginginkan lebih banyak informasi dan ingin berpartisipasi.”

Peta panas kini muncul sebagai alat yang ampuh untuk membantu komunitas rentan mengakses informasi ini dan memberikan wawasan berharga mengenai pola suhu dan menemukan titik api.

Hal ini memungkinkan para pembuat kebijakan untuk mengambil keputusan yang lebih baik mengenai cara mengurangi dampak kenaikan suhu.

NOAA dan mitra sainsnya, Capa Strategies, telah memetakan lebih dari 70 komunitas di 22 negara bagian AS untuk mengidentifikasi di mana lingkungan terpanas berada, mengapa lingkungan tersebut lebih panas dibandingkan yang lain, dan bagaimana hal ini memengaruhi orang-orang yang tinggal di sana.

Mereka telah bekerja dengan para relawan ilmuwan warga (citizen scientist) yang sering kali tinggal di daerah rentan atau memiliki ketertarikan terhadap perubahan iklim.

Sejak meluncurkan proyek ini pada 2017, NOAA telah merekrut lebih dari 20.000 relawan komunitas. Proyek ini mengumpulkan lebih dari satu juta pengukuran pada 2022.

Data panas dikumpulkan oleh para sukarelawan dan kemudian digunakan untuk membantu pemerintah federal menerapkan solusi pendinginan di setiap kota melalui inisiatif penghijauan perkotaan, aliran cahaya alami – mengungkap saluran air yang terkubur dan memulihkannya untuk memberikan manfaat lingkungan – serta membangun proyek efisiensi dan stasiun pendingin.

Dipimpin oleh tim yang terdiri dari tokoh masyarakat setempat, para relawan menggunakan sensor panas yang dipasang di mobil mereka untuk mencatat suhu pada hari-hari terpanas dalam setahun.

Proyek ini berbeda dengan inisiatif pemetaan panas federal lainnya karena merupakan upaya komunitas, memberikan akses kepada penduduk yang tadinya tidak mendapatkan informasi tentang panas.

Meskipun studi pemetaan sebelumnya telah mengukur suhu permukaan tanah, NOAA mengikuti pendekatan berbeda terhadap datanya dengan melihat suhu dan kelembapan udara.

“Pengukuran permukaan tanah berguna dalam beberapa keadaan, misalnya saat memantau cuaca dan pola iklim, tetapi pengukuran tersebut memberikan gambaran yang kurang akurat tentang panas yang dialami manusia setiap hari, yaitu suhu permukaan udara,” kata Zabow.

“Data peta panas perkotaan kami jauh lebih akurat untuk mengukur pengalaman manusia ketika berbicara tentang dampak panas terhadap manusia,” tambahnya.

Proyek pemetaan ini bertujuan untuk berbagi kesadaran tentang bagaimana melindungi anak-anak dari panas ekstrem dan memberdayakan orang lain yang mempunyai kepentingan dalam mengatasi perubahan iklim.

“Ini bukan hanya tentang pejabat pemerintah yang pergi ke kota, melakukan pengukuran, dan tidak pernah berbicara lagi dengan mereka,” kata Zabow.

“Orang-orang dari komunitas inilah yang mengumpulkan data, menjadi sukarelawan dan bersemangat mempelajari dampak panas terhadap anak-anak dan lingkungan mereka.”

Keluarga Howard adalah contoh bagaimana masyarakat lokal dapat memperoleh manfaat dengan terlibat dalam inisiatif kesadaran panas.

“Kami bersenang-senang bersama keluarga di dalam mobil bersama anak-anak kami – meskipun itu adalah waktu terpanas saat kami mengumpulkan data,” kata Christina.

“Melalui pengalaman ini dan bekerja sama dengan Kota Dallas dan NOAA, kami belajar bagaimana mengidentifikasi gejala penyakit yang berhubungan dengan panas dan di mana menemukan sumber daya online dan di komunitas kami tentang cara melindungi anak-anak kami selama gelombang panas.”

“Kami lebih sering memeriksa anak-anak kami untuk melihat apakah mereka terhidrasi, dan kami telah memperkenalkan lebih banyak permainan di dalam ruangan seperti permainan papan dan aktivitas kreatif, seperti membuat kue dan menulis cerita, untuk memotivasi anak-anak kami jika bermain di luar dibatasi karena terlalu panas,” katanya.

“Kesukarelaan memberi kami pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana lingkungan memainkan perannya dalam dampak panas di sekitar kita,” kata Landon.

“Menurut data yang kami baca, suhu lebih dingin di lingkungan yang memiliki lebih banyak ruang hijau dan pepohonan, dibandingkan di area yang lebih banyak bangunan.”

Setelah data dikumpulkan oleh para sukarelawan, data tersebut disimpan di laboratorium Visualisasi Lingkungan NOAA di Maryland, dan digabungkan dengan data sensus dari Alat Pemeriksaan Keadilan Iklim dan Ekonomi Gedung Putih, yang mengidentifikasi komunitas yang terpinggirkan dan terbebani oleh polusi.

Data ini kemudian dikumpulkan melalui papan instrumen interaktif untuk mendorong lembaga-lembaga federal menyelidiki bagaimana masyarakat yang kurang beruntung bisa terpapar suhu yang lebih tinggi.

Papan instrumen tersebut menunjukkan perbedaan risiko kesehatan antara mereka yang tinggal di komunitas berpenghasilan rendah atau kelompok minoritas dan lingkungan kulit putih yang lebih makmur.

Badan-badan federal yang ikut serta dalam program ini dapat menggunakan data ini untuk menerapkan strategi agar informasi dan sumber daya panas lebih mudah diakses di kota mereka, dan merencanakan inisiatif perumahan dan pembangunan perkotaan yang lebih besar, seperti pengenalan 100 halte halte bus baru di Las Vegas pada 2017.

Komisi Transportasi Regional, dengan rencana untuk memperluas hingga 80% lingkungan yang teridentifikasi sebagai wilayah terpanas.

Zabow mengatakan peta panas ini membuat para pengambil keputusan lokal lebih memperhatikan masalah panas di komunitas mereka dan menerapkan solusi pendinginan yang efektif.

“Carolina Selatan baru-baru ini mendeklarasikan pekan kesadaran keselamatan panas dan kami melihat secara langsung bagaimana hal ini berdampak positif pada lingkungan lokal di sana. Mereka menggunakan data peta panas kami untuk membangun pertanian perkotaan dan rumah sakit baru yang hemat energi di Charleston,” ujarnya.

Pertanian perkotaan dapat membantu mengurangi suhu dengan memberikan keteduhan dan pendinginan. Meningkatkan penghijauan perkotaan, misalnya dengan memperkenalkan pertanian perkotaan, dapat menurunkan suhu malam hari sebesar 1,1 derajat Celsius di wilayah sekitarnya.

Rumah sakit Universitas Kedokteran Carolina Selatan telah meningkatkan efisiensi energi gedung-gedungnya dengan mengganti kontrol dan sensor ketel uap yang lama, memperbaiki perlengkapan air dan lemari asam, serta memasang peningkatan pencahayaan LED.

Pengembang energi terbarukan rumah sakit tersebut, Ameresco, memproyeksikan pengurangan karbon tahunan sebesar 3.223 ton dan penghematan energi tahunan sebesar US$2.839.000 (senilai Rp 44,4 miliar).

Dallas adalah kota terpanas ketujuh di AS menurut Texas Trees Foundation - sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan meningkatkan ruang hijau dan menanam pohon di kawasan perkotaan.

Yayasan ini memerangi panas ekstrem dan ketimpangan panas dengan menggunakan data yang ada dari studi pengelolaan urban heat island.

Mereka menetapkan target untuk melindungi dan meningkatkan kanopi pohon di Dallas dari 32% menjadi 37% pada 2040, dengan total hampir 15 juta pohon di kota tersebut.

Pada 2015, Texas Trees Foundation meluncurkan program 'sekolah keren' untuk menanam lebih banyak pohon di lingkungan yang penduduknya berpenghasilan rendah, dengan tujuan memberikan setidaknya 27% bantuan tempat teduh dan pendinginan.

Program ini merupakan upaya pendidikan yang efektif dan telah melibatkan 300-500 anak relawan dari setiap sekolah yang berpartisipasi dalam penanaman pohon. Hingga saat ini para relawan telah menanam lebih dari 2.000 pohon di sekitar kampus sekolah mereka.

Proyek Texas Green Schools di Houston telah menggunakan data pemetaan pengamatan panas untuk memperkenalkan program yang bertujuan mengurangi konsumsi energi di sekolah dan meningkatkan akses terhadap ruang hijau bagi siswa di lingkungan berpenghasilan rendah.

Langkah-langkah yang diambil termasuk membangun struktur tempat teduh dan memasang sistem pendingin udara hemat energi untuk mengurangi suhu dalam ruangan di sekolah sebesar 15-20 derajat Celsius, dan menyediakan bantuan pendinginan bagi siswa yang tinggal di lingkungan yang lebih panas.

“Meningkatkan standar bangunan dan membangun dengan cara yang lebih hemat energi merupakan bagian integral untuk mengurangi dampak cuaca ekstrem, dan dampak jangka panjang terhadap anak-anak,” kata O'Sullivan.

Namun, pengumpulan data untuk peta panas terbukti sulit. Proyek ini mengandalkan pembacaan suhu yang akurat dari berbagai sumber, termasuk komunitas relawan, stasiun cuaca, dan satelit.

“Dalam beberapa kasus, mungkin ada kesenjangan dalam data panas, terutama di wilayah yang infrastruktur pemantauannya terbatas. Hal ini dapat menyebabkan peta panas tidak lengkap, sehingga berpotensi mengabaikan titik panas atau suhu ekstrem,” kata Singer.

Mendefinisikan efektivitas tindakan pendinginan juga bisa menjadi hal yang rumit. Penyejuk udara, atap hijau, penanaman pohon, dan kampanye kesadaran akan panas mempunyai tingkat manfaat yang berbeda-beda bagi masyarakat rentan.

Efektivitas tindakan pendinginan juga bergantung pada faktor-faktor seperti iklim lokal di suatu daerah, polusi lingkungan yang mungkin 5% lebih tinggi dibandingkan daerah pedesaan lainnya , desain bangunan dan pemeliharaan, serta kebijakan pemerintah.

“Mengevaluasi dampak dari langkah-langkah ini memerlukan pemantauan dan analisis yang ketat yang mungkin tidak selalu dapat diakses dengan mudah,” kata O'Sullivan.

Penyejuk udara dan peningkatan efisiensi energi dapat membantu menjaga masyarakat tetap sejuk saat cuaca panas, tetapi langkah-langkah ini mungkin tidak efektif dari segi biaya dan tidak dapat diakses oleh keluarga miskin.

Beberapa ahli berpendapat solusi-solusi ini mungkin tidak mengatasi permasalahan utama kemiskinan energi di masyarakat berpendapatan rendah.

“Di kota seperti New York City, banyak orang yang tidak memiliki unit [AC] karena adanya peraturan bangunan atau hambatan ekonomi untuk membelinya. Unit tersebut juga menghabiskan banyak energi,” kata Ngo.

“Tantangan seperti undang-undang pemerintah, pendanaan, dan ketersediaan data serta kesulitan teknis telah membatasi misi NOAA untuk memperluas proyek pemetaan di seluruh AS dan seluruh dunia,” kata Zabow.

“Pemerintah dan pengambil keputusan di daerah sering kali memprioritaskan respons darurat terhadap risiko iklim lainnya, seperti angin topan, banjir, dan kekeringan, dibandingkan mitigasi panas.”

“Jika tornado, kebakaran hutan aktif, atau banjir melanda sebuah kota, Anda akan melihat kehancurannya. Sayangnya, panas lebih sulit diprioritaskan dan didanai oleh pemerintah. Kami berharap dapat bermitra dengan lebih banyak mitra federal dan sukarelawan untuk membangun lebih banyak solusi sistem pendingin untuk melindungi anak-anak,” tambahnya.

Panas menjadi semakin berbahaya dan merupakan ancaman yang tidak akan hilang.

Peta panas komunitas mungkin tidak menyelesaikan masalah jangka panjang, tetapi merupakan langkah menuju arah yang benar, dengan memberikan kesadaran dan memberdayakan anak-anak yang rentan dan keluarga mereka, seperti keluarga Howard.

“Bagaimana kami melawan gelombang panas besar yang terus terjadi dari tahun ke tahun?” kata Christina.

“Kami ingin memberi anak-anak kami alat untuk melindungi diri mereka dari panas ekstrem saat ini dan ketika mereka sudah besar nanti. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan jika tidak ada cukup penelitian tentang panas dan perubahan yang bisa ditindaklanjuti". (*)

Tags : Cuaca Panas Ekstrem, Merenggut Puluhan Ribu Nyawa, Cuaca Panas Ekstrem, Perubahan iklim, Anak-anak, Kesehatan, Bencana alam,