Politik   2023/04/02 22:10 WIB

Demokrat Gencar Deklarasi Pasangan Anies-AHY, 'yang Didukung 80 Jenderal Purnawirawan'

Demokrat Gencar Deklarasi Pasangan Anies-AHY, 'yang Didukung 80 Jenderal Purnawirawan'
Anies Rasyid Baswedan capres 2024 bersama Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Partai Demokrat kini semakin gencar melakukan deklarasi pasangan Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (Anies-AHY) untuk Capres-Cawapres pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Capres-Cawapres Anies-AHY didukung 80 Jenderal Purnawirawan."

"Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau bersama 27 kelompok relawan Anies Baswedan dari seluruh Provinsi Riau berkumpul dan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai pasangan calon presiden (Capres) dan wakil presiden (Cawapres) di Pemilu 2024," kata Ketua DPD Demokrat Riau, Agung Nugroho.

"Ada sebanyak 27 kelompok relawan yang mendukung dan sepakat untuk mengusung pasangan Anies AHY ini," sebutnya. 

Menurut Agung Nugroho, AHY dianggap calon yang lebih populer untuk mendampingi Anies jika dibandingkan variasi calon lainnya.

"Ini berdasarkan hasil tiga kali survei, Anies tinggi sekali pollingnya, dan kita percaya Anies bisa menjadi presiden. Calon wakilnya tentu saja AHY, ini bukan klaim Demokrat, tetapi hasil survei," ujarnya.

Agung mengungkapkan bahwa Partai Demokrat akan bersinergi dengan Partai Nasdem dan PKS. Bersama-sama memenangkan Anies sebagai Presiden RI selanjutnya.  

"Kami juga membentuk sekretariat bersama relawan Anies di luar partai Demokrat. Jadi tidak ada baju biru (Demokrat), baju putih (PKS) atau biru satu lagi (Nasdem). Semua mendukung Anies AHY," sebutnya.

Agung Nugroho juga menyebut dukungan semakin optimis untuk meraih kemenangan menyusul 80 jenderal purnawirawan TNI-Polri ikut mengusung Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk maju sebagai calon wakil presiden RI.

AHY akan mendampingi Anies Baswedan sebagai calon Presiden RI untuk Pemilu 2024 nanti. Dukungan tersebut merupakan bentuk kesamaan persepsi dalam mewujudkan perubahan yang nyata.

"Alhamdulillah kemarin di Jakarta telah berlangsung dukungan dari 80 jenderal purnawirawan," kata dia, Minggu (2/4/2023).

Lebih lanjut ia menjelaskan, 80 Jenderal atau Pati Purnawirawan TNI-Polri pada Sabtu (1/4/2023) kemarin mendatangi Cikeas, Jawa Barat (Jabar) untuk bersilaturahmi dengan AHY.

Letjen TNI Purn R Ediwan Prabowo SIP dalam sambutannya di Cikeas menyampaikan, pasangan Anies-AHY cocok untuk membawa perubahan.

"Kami merasa indonesia saat ini sedang tidak dalam kondisi yang baik. Kami juga merasa harus ada perubahan, maka untuk melakukan perubahan ini, kami sepakat sekarang pasangan anies dan AHY merupakan yang terbaik. Kami ingin maju bersama-sama dengan anies dan AHY untuk mewujudkan perubahan tersebut," ujarnya.

Sementara itu Marsdya TNI Purn Muhammad Syaugi Alaydrus menguatkan pernyataan Letjen TNI Purn Prabowo.

"Pasangan anies-AHY adalah kombinasi yang cocok antara sipil dan militer," kata dia.

Para jenderal dari matra darat, laut, udara dan kepolisian tersebut mengaku sudah terlebih dulu mendatangi Lebak Bulus, kediaman Anies Baswedan, sebelum menyambangi Cikeas.

"Kami di daerah sangat bersyukur. Dengan harapan, tambahan kekuatan ini menjadi pemacu kami untuk berbuat lebih maksimal memenangkan anies-AHY," tutup Agung.

Untuk diketahui, dalam pertemuan itu Pati Purnawirawan matra darat diwaklili oleh Letjen TNI Purn R Ediwan Prabowo SIP, jabatan terakhir Sekjen Kementerian Pertahanan.

Kedua, Matra laut diwakili oleh Laksdya TNI Purn Dr Deddy Muhibah Pribadi SH MAP mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI.

Ketiga, Matra udara diwakili oleh Marsdya TNI Purn Muhammad Syaugi Alaydrus SSos MM, mantan Kepala Badan SAR Nasional. Terakhir, perwakilan Polri adalah Brigjen Pol (P) Drs Eldi Azwar MAP mantan petinggi di Baharkam Polri. (*)

Tags : pasangan capres-cawapres 2024, pasangan anies baswedan dan agus harimurti yudhoyono, anies-ahy, demokrat gencar deklarasikan anies-ahy, pasangan capres-cawapres anies-ahy,