News Daerah   2022/07/24 21:34 WIB

Desa Kualaraya Gunakan Dana Desa, 'untuk Genjot Ekonomi Desa'

Desa Kualaraya Gunakan Dana Desa, 'untuk Genjot Ekonomi Desa'
Kepala Desa (Kades) Kualaraya, Misran

DABOSINGKEP - Desa Kualaraya mulai menggunakan Dana Desa (DD) untuk mensejahterakan masyarakat desa.

Desa Kualaraya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Daik Lingga, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mulai melakukan penyerapan dan penggunaan DD dimanfaatkan untuk membuat program pemberdayaan yang dapat mensejahterakan masyarakat desa.

“Ada penggunaan DD di Desa Kualaraya yang prinsipnya bisa terserap,” kata Misran, Kepala Desa (Kades) Kualaraya melalui pesan elektronik WhatsApp (WA), Minggu (24/7).

Dana Desa digunakan untuk bantuan ketahanan pangan di bidang pertanian dengan menggunakan empat kelompok dan satu kelompok lainnya dibidang peternakan ayam.

"Langkah ini tidak sia -sia. Kami sudah memulainya diakhir bulan Juni kemarin," sebutnya.

Dia mengakui ada dana desa yang bisa digunakan sebesar 20 persen. “Kita ingin pemberdayaan secara umum tetapi tetap disesuaikan dengan kondisi desa," sebutnya.

Kegiatan ketahanan pangan beberapa kelompok melakukan penanaman sayur kangkung, kacang panjang, dan menyusul menanam cabai rawit, sedangkan untuk peternakan dalam jangka waktu sepuluh hari kedepan telah cukup ukuran dua Kg.

"Sampai panen, dan penanaman kembali kita mintakan data fisiknya sebagai salah satu pendukung kegiatan tersebut, sehingga ketika tim audit turun berkas kita lengkap sesuai dengan aturan yang berlaku," jelas Misran.

Kades Misran mengakui pihaknya tetap dievaluasi oleh provinsi soal penyerapan dana desa itu.

"Kades sebagai penanggung jawabnya, karena bantuan ini bersumber dari negara, kita hanya menjalankan program pemberdayaan masyarakat desa," sebutnya. (*)

Tags : Desa Kualaraya, Desa Gunakan Dana Desa, DD untuk Sejahterakan Masyarakat Desa, News Daerah,