Politik   2024/02/11 11:58 WIB

Dewan Ajak Masyarakat Jaga Pemilu Berjalan Luber-Jurdil, 'Agar Bisa Berlangsung Aman dan Lancar'

Dewan Ajak Masyarakat Jaga Pemilu Berjalan Luber-Jurdil, 'Agar Bisa Berlangsung Aman dan Lancar'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kota Pekanbaru mengajak masyarakat untuk menjaga Pemilu 2024 agar berjalan langsung, umum, bebas, rahasia (Luber), jujur dan adil (Jurdil).

"Masyarakat jaga pemilu berjalan luber dan jurdil."

"Kita imbau kepada masyarakat dan seluruh elemen mulai pemerintah hingga pihak terkait untuk menciptakan suasana Pemilu aman, damai dan Luber Jurdil," kata Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE MM, Sabtu (10/2).

Pesta Demokrasi yang saat ini sedang berproses diharapkan berjalan sesuai dengan harapan. Masyarakat yang memiliki hak suara juga diimbau untuk berpartisipasi aktif dengan mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

"Kita berharap pesta demokrasi 14 februari besok berjalan dengan lancar dan masyarakat ikut berpartisipasi memberikan hak suaranya," ujar Politisi Demokrat ini.

Untuk mengantisipasi TPS yang masuk dalam kawasan rawan banjir dan menganggu jalannya pesta demokrasi, pihak-pihak terkait diharapkan sudah melakukan persiapan, termasuk mensiagakan TPS apung yang direncanakan Pemko Pekanbaru sebagai alternatif.

"Kita kira tidak hanya di kecamatan rumbai, tetapi ada beberapa TPS di pekanbaru yang saat ini masuk dalam kategori TPS yang rawan kena banjir. Untuk itu, pemerintah bersama pihak-pihak terkait lainnya bisa menyediakan TPS cadangan. Hal ini tentunya untuk mengantisipasi ha-hal yang bisa menghambat jalannya pesta demokrasi," tuturnya.

Tidak hanya menyediakan TPS cadangan, TAF juga berharap mobilisasi masyarakat yang terkena dampak banjir juga perlu dipersiapkan.

"Supaya hak-hak masyarakat untuk memilih tersalurkan dengan baik, maka penyelenggara pemilu sudah menyiapkan berbagai alternatif, termasuk menyediakan fasilitas bagi masyarakat yang pemukimannya terdampak banjir," pungkasnya. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : pemilu 2024, dewan ajak masyarakat jaga pemilu berjalan luber dan jurdil, dewan berharap pemilu berlangsung aman dan lancar,