Pendidikan   2023/06/21 15:22 WIB

Dewan Minta Disdik Pastikan Penggunaan PPDB Online SD dan SMP Lancar

Dewan Minta Disdik Pastikan Penggunaan PPDB Online SD dan SMP Lancar

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rayat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru minta Dinas Pendidikan (Disdik) bisa memastikan penggunaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online SD dan SMP lancar.

"PPDB tingkat SD dan SMP Negeri akan dimulai pada 26 Juni 2023 mendatang."

"Kita minta waktu lebih kurang seminggu sebelum PPDB dimulai, Disdik memastikan betul jaringan internet berjalan lancar sehingga nanti pas hari H, tidak lagi masalah atau keluhan terkait adanya gangguan internet segala macamnya," kata H Ervan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Rabu (21/6).

Untuk PPDB tingkat SMP, Disdik Kota Pekanbaru menggunakan sistem online dan sistem manual untuk tingkat SD Negeri di Pekanbaru.

Mengingat banyaknya keluhan calon wali murid dengan sistem online saat PPDB tingkat SMPN seperti tahun-tahun sebelumnya, Komisi III DPRD Kota Pekanbaru meminta Disdik betul-betul memastikan sistem yang digunakan gampang dipahami, gampang diakses para orangtua dan tersedianya jaringan internet yang bagus.

Komisi III meminta Disdik melakukan simulasi pelaksanaan PPDB sistem online dan terus berkoordinasi dengan operator penyedia jasa layanan PPDB online.

"Kita sarankan Disdik segera bertemu dengan operator selaku penyedia jasa layanan PPDB online. Disdik jangan hanya percaya begitu saja. Tes dan lakukan simulasi," saran Politisi Gerindra ini lagi.

Jika ini dilakukan dari sekarang, H Ervan sangat yakin, pelaksanaan PPBD tahun ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya. Apalagi hingga kini Disdik Pekanbaru mengklaim, sudah mempersiapkan segala sesuatu soal PPDB ini dengan baik.

Termasuk halnya soal zonasi, yang kerap menjadi persoalan setiap PPDB. Lebih dari itu, lanjut Politisi Partai Gerindra ini, pihaknya juga mengingatkan Disdik untuk menyosialisasikan sistem PPDB online ini secara menyeluruh. Sehingga semua orangtua, bisa memahami prosedur pendaftaran nantinya. (rp.sul/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : penerimaan peserta didik baru, ppdb online, penerimaan siswa sd dan smp, penggunaan ppdb online sd dan smp,