Pekanbaru   2023/02/23 14:28 WIB

Dewan Minta Pertamina Beri Solusi untuk 60 Pangkalan Gas Elpiji, 'Terkait Diputusnya Distribusi ke PT SGM'

Dewan Minta Pertamina Beri Solusi untuk 60 Pangkalan Gas Elpiji, 'Terkait Diputusnya Distribusi ke PT SGM'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) minta Pertamina memberi solusi terkait diputusnya distribusi gas elpiji 3 Kg ke agen PT Surya Global Mandiri (SGM).

"Dewan minta Pertamina beri solusi untuk 60 Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg di Pekanbaru."

"Kita tidak mau debat kusir, tapi mengenai kebutuhan gas 3 kilogram di Pekanbaru harus dipastikan Pertamina ketersediaannya," kata Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri SE, Rabu (22/2/2023).

Merespon persoalan pemutusan sepihak distribusi gas elpiji 3 kilogram ke PT Surya Global Mandiri (SGM) yang berimbas pada 60 lebih pangkalan gas di Pekanbaru, Azwendi Fajri mendesak Pertamina segera mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi pihak pangkalan.

"Ini agar kebutuhan masyarakat untuk gas elpiji 3 kg tidak lagi terganggu," sebutnya.

Pihaknya memberikan waktu satu pekan untuk mencarikan solusi.

Solusi yang dimaksudkan Tengku Azwendi Fajri adalah, dari 23 agen gas elpiji 3 kilogram yang ada di Kota Pekanbaru, pendistribusian gas tabung melon ini bisa dilakukan melalui 22 agen gas yang ada.

"Jadi tidak menunggu permasalahan ini selesai, pangkalan harus tetap mendapatkan kepastian suplai gas elpiji 3 kilogram," sebutnya.

Terkait apakah PT SGM yang diketahui sudah dari bulan Desember 2022 tidak menyalurkan gas elpiji ke pangkalan, Azwendi menyerahkan seluruhnya ke Pertamina.

"Dari kontrak pangkalan yang banyak sanksi, tapi terhadap agen kita tidak tau. Kontrak kepada agen ke Pertamina kita gak tau," tuturnya.

Sebagai informasi, untuk agen gas elpiji di Kota Pekanbaru ada sebanyak 23 agen. Sementara untuk jumlah pangkalan gas elpiji yang ada di Kota Pekanbaru ada sebanyak 1.526 pangkalan.

"Pangkalan ini butuh kepastian suplai gas, dan Pertamina harus bisa menjamin itu," tutupnya. (rp.sul/*)

Untuk diketahui, baru-baru ini puluhan pemilik pangkalan gas elpiji 3 kilogram mendatangi gedung DPRD Pekanbaru terkait pemutusan sepihak distribusi gas elpiji 3 kilogram oleh PT SGM selaku agen.

Para pemilik pangkalan meminta ketegasan pihak PT Pertamina, karena diduga ada pengalihan kuota ke agen lain.

Tags : pertamina, pertamina putus distribusi gas elpiji, putus distribusi gas elpiji ke agen, dewan minta pertamina cari solusi,