Riau   2020/08/02 03:01:00 PM WIB

Di Pandemi Ekonomi Sulit: Gubri dan Wako Hadiri Pemotongan Hewan Kurban di PWI Riau

Di Pandemi Ekonomi Sulit: Gubri dan Wako Hadiri Pemotongan Hewan Kurban di PWI Riau

Kondisi daerah menghadapi pandemi Covid-19 mengakibatkan ekonomi semakin sulit, namun niat masyarakat Riau untuk berkurban pada hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah tahun 2020 tetap jalan dan terlaksana seperti tahun sebelumnya.

PEKANBARU, RIAUPAGI.com - Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi, mengatakan masalah kurban ini beda dengan kebutuhan lainya. Artinya untuk kurban ini masyarakat sudah niat dan mempersiapkan daru jauh-jauh hari sebelumnya dengan berbagai cara sendiri-sendiri. "Jika dinilai atau dikaitkan dengan ekonomi sulit juga, karena ini urusan agama dan hubungan dengan Allah SWT. Jadi masyarakat punya jalan dan cara sendiri," kata Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi yang didampingi DR H Firdaus ST MT, Walikota Pekanbaru yang berkunjung ke kantor Persatuan Wartawan Indonesia [PWI] Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru tadi pagi, Minggu [2/8/2020].

Untuk kurban tingkat pemerintahan Gubri juga mengatakan tahun ini justru ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Itu juga terlihat dari jumlah kurban di masjid An nur. Selain presiden, pimpinan Forkopimda, kurban dari ASN juga meningkat. "Jadi untuk kurban ini tidak bisa jadi penilaian untuk ekonomi, kita juga sering dengar masyarakat tidak mampu saja berkorban setiap tahun. Maka itu kita tetap bersyukur masyarakat kita masih diberikan kemuliaan meski diberikan ujian Covid-19 saat ini," ungkapnya.

Sementara data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau, permintaan hewan kurban di Riau tidak begitu berubah jika dibandingkan tahun sebelumnya. Termasuk di lingkungan pemerintahan yang justru naik jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah hewan kurban di Riau berada pada kisaran 25 - 38 ribu ekor yang tidak jauh berubah dari angka 2019 lalu yang hewan kurbanya masih didomisili atau lebih besar pada sapi jika dibandingkan hewan lainya seperti Kerbau maupun kambing. Menurut Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Riau, Rahmat Setiyawan, menyebutkan secara umum atau rata-rata memang ada sedikit penurunan angka jumlah. Tapi tidak signifikan dan masih jauh dibawa perkiraan jika dibandingkan dengan kondisi pademi Covid-19 saat ini.

Sementara pemotongan hewan kurban di Kantor PWI Riau diakui Ketua PWI Provinsi Riau, H Zulmansyah Sekedang merupakan kegiatan rutin yang tetap dilaksanakan organisasi profesi wartawan tertua dan terbesar tersebut setiap tahun, persisnya tiap Idul Adha, Hari Raya Kurban, sebutnya.

Empat ekor sapi yang akan dipotong, dua dari pengurus dan anggota PWI Riau, dan dua lagi sumbangan Gubri dan Walikota Pekanbaru. Khusus kambing, berasal dari sumbangan PT Sumatera Riang Lestari dua ekor, serta masing-masing satu ekor dari PLN UP3 Pekanbaru, penasehat PWI Pekanbaru Sarjoko, dan Bank Syariah Mandiri. Daging hewan kurban dibagi-bagikan ke seluruh anggota dan pengurus PWI Riau dan PWI Pekanbaru. Sedang kambing dari mitra PWI Riau, dimasak untuk disantap bersama. “Khusus kambing akan kita masak, buat gulai dan sup kambing yang enak. Ibu-ibu IKWI yang memasaknya, mereka kan jago masak semuanya,” ungkapnya.

Dia mengajak seluruh pengurus dan anggota PWI Riau hadir meramaikan kegiatan penyembelihan hewan kurban. “Bagi yang berkenan hadir, jangan lupa pakai masker, jaga jarak, serta cuci tangan sebelum makan dan minum,” himbaunya. (*)

Tags : gubernur riau, syamsuar, walikota pekanbaru, firdaus, idul adha 1441 hijriyah, tahun 2020, gubri dan wako pekanbaru hadiri pemotongan hewan kurban, pwi riau, index,