Pendidikan   2023/05/13 11:34 WIB

Disdik akan Mulai Pembangunan Dua SMP Juni Mendatang, Legislatif: Jangan Ada Kendala Lagi Tahun Ini

Disdik akan Mulai Pembangunan Dua SMP Juni Mendatang, Legislatif: Jangan Ada Kendala Lagi Tahun Ini
Dr Abdul Jamal M.Pd, Kadisdik Kota Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM  - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, melalui Dinas Pendidikan (Disdik) bakal memulai pembangunan dua sekolah baru pada pertengahan tahun 2023 ini.

"Disdik akan mulai pembangunan dua SMP juni mendatang."

"Sudah lelang, saya sudah rapatkan dan bulan enam ini sudah mulai kerja. Satu sekolah di bangun di Kecamatan Tuah Madani, dan satu lagi di Meranti Pandak, Rumbai dekat Siak IV," kata Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Dr Abdul Jamal M.Pd, Selasa (9/5).

Dua sekolah yang akan dibangun itu yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri. Terkait rencana itu, Kadisdik mengatakan, saat ini proses lelang untuk penunjukan pihak ketiga telah rampung.

Rencananya, pekerjaan dimulai pada Juni mendatang dan ditargetkan rampung pada Desember 2023.

Pembangunan dua unit SMP Negeri ini merupakan instruksi langsung dari Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun.

Dua sekolah baru itu dibangun di Kecamatan Tuah Madani, tepatnya di Perumahan Damai Langgeng, Kelurahan Sidomulyo Barat. Kemudian di Kecamatan Rumbai akan berada di Kelurahan Meranti Pandak.

Jamal mengatakan, untuk satu sekolah terdiri dari 10 ruang kelas baru. Total anggaran yang digelontorkan untuk pembangunan dua sekolah baru ini mencapai Rp11 miliar lebih.

"Total ada 20 ruang kelas baru nanti. Anggarannya sekitar Rp11 sampai 12 miliar. Kalau dibutuhkan nanti, kita bisa terima murid dulu dan kita tumpangkan jelang sekolah siap akhir tahun ini," katanya.

Sebelumnya Pemko Pekanbaru, di 2023 ini akan melakukan pembangunan dua SMP negeri guna menampung tamatan sekolah dasar yang mencapai 20 ribu orang setiap tahunnya. Kurangnya daya tampung siswa tamatan SD, membuat para orang tua berpikir keras agar anaknya tetap masuk sekolah negeri.

Sementara Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Nurul Ikhsan berharap, pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) tingkat SMP di Pekanbaru tak ada kendala lagi. Rencananya sekolah baru tersebut akan dibangun pada Juni 2023 ini.

"Apalagi kebutuhan sekolah baru tingkat SMP di Pekanbaru sudah ditunggu-tunggu masyarakat sejak lama. Pembangunan dua SMP di Pekanbaru ini akan dilaksanakan di Kelurahan Meranti Pandak, dan Kelurahan Sidomulyo Barat (dekat Damai Langgeng)," sebut Nurul menanggapi.

Anggaran yang sudah disiapkan untuk pembangunan dua gedung ini, sebesar Rp12 miliar dari APBD Pekanbaru 2023.

"Kalau dihitung dibangun pada bulan Juni mendatang memang agak terlambat. Tapi kita harus tetap optimis, demi pendidikan di Kota Pekanbaru," ungkap Nurul.

Saat ini persiapan lelang pengerjaan dua SMP ini masih dalam proses. Saat proses lelang dan jelang pembangunan tersebut, Nurul berharap semua bisa on the track sehingga tidak ada lagi waktu penundaan pembangunan. 

"Jika diundur lagi, maka tidak dikhawatirkan tidak selesai hingga akhir tahun," sebutnya. 

Komisi IV juga meminta pihak Pemko Pekanbaru dalam hal ini Dinas Pendidikan untuk melakukan pengawasan ketat, mulai dari proses lelang hingga pembangunan selesai. 

"Harus tetap diawasi oleh Disdik saat pengerjaan nanti, sehingga pihak kontraktor yang sudah ditunjuk betul-betul bekerja sesuai aturan, tidak asal-asalan dan sesuai bestek," harap Nurul. (rp.sul/*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : bangun gedung smp, disdik bangun gedung smp, pekanbaru, pendidikan, bangun gedung smp untuk menampung siswa sd,