Pendidikan   2023/11/09 10:21 WIB

Disdik Masih Tunggu Anggaran Belanja Tidak Terduga untuk Perbaiki SDN 83 yang Terbakar

Disdik Masih Tunggu Anggaran Belanja Tidak Terduga untuk Perbaiki SDN 83 yang Terbakar
Dr Abdul Jamal, Kadisdik Pekanbaru

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Perbaikan terhadap Sekolah Dasar Negeri (SDN) 83 Kota Pekanbaru yang terbakar tempo hari beLum dilakukan, karena anggaran Belanja Tidak Terduga [BTT] yang akan digunakan belum mendapat persetujuan.

"Anggaran BTT untuk Perbaiki SDN 83 yang terbakar belum cair."

"Anggaran BTT yang akan digunakan belum mendapat persetujuan. Kalau bisa di Januari 2024 anak-anak sudah bisa sekolah di sana lagi. Ada enam kelas di bawah dan enam kelas di lantai duanya," kata Kadisdik Kota Pekanbaru, Dr Abdul Jamal, Rabu (8/11).

Sementara, SDN 83 diharapkan dapat difungsikan pada awal tahun 2024 mendatang. Karena itu, Disdik Pekanbaru menggesa perbaikan sebagian bangunan sekolah yang rusak akibat terbakar.

Abdul Jamal mengatakan, perbaikan sekolah tersebut dilakukan secara dua tahap agar bisa segera dikerjakan.

Tahap awal dilakukan perbaikan pada satu gedung yang mengalami kerusakan tidak cukup parah.

Ia menyebut, Disdik sudah menghitung biaya perbaikan terhadap bangunan tersebut. Anggaran perbaikan SDN 83 untuk tahap awal berkisar Rp500 juta lebih dan telah diusulkan ke BPKAD Kota Pekanbaru.

Menurutnya, perbaikan segera dilakukan dalam dua bulan berjalan ini. Sehingga pekerjaan ditargetkan bisa rampung pada Desember 2023.

"Karena pada bangunan ini hanya perbaikan untuk bagian atap dan kelistrikan saja. Jadi kalau sudah siap diperbaiki, anak-anak bisa pindah lagi ke sekolah itu," katanya.

Sementara untuk satu gedung lagi yang mengalami kerusakan yang cukup parah, tidak bisa digunakan lagi. Untuk gedung itu, harus dirobohkan dan dibangun ulang. Perbaikan tahap dua akan dilakukan pada tahun 2024 mendatang.

Perbaikan tidak bisa dilakukan sekaligus lantaran keterbatasan anggaran dan membutuhkan anggaran yang cukup besar. Rencananya, pembangunan tahap dua akan dianggarkan pada APBD tahun 2024.

Sementara untuk anggaran perbaikan tahap satu, direncanakan menggunakan anggaran BTT tahun 2023. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : sekolah dasar negeri, sdn 83 terbakar, disdik masih tunggu dana perbaikan sd terbakar, dana btt untuk perbaiki sekolah terbakar ,