News Kota   2023/11/09 10:11 WIB

Pekanbaru Tingkatkan Pengawasan Saat Diguyur Hujan, BPBD: Belum Ada Laporan Banjir

Pekanbaru Tingkatkan Pengawasan Saat Diguyur Hujan, BPBD: Belum Ada Laporan Banjir

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] Kota Pekanbaru, mengklaim tidak ada banjir yang sampai ke permukiman warga.

"Pekanbaru terus meningkatkan pengawasan saat diguyur hujan."

"Banjir kan hanya menggenangi jalan saja dan tidak menggenangi permukiman warga. Kita belum menerima laporan adanya permukiman warga yang terendam banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Chandra, Selasa (7/11).

Zarman Chandra mengatakan, bahwa hingga kini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya banjir di permukiman warga.

Menurutnya, saat ini banjir hanya terjadi saat hujan deras saja. Banjir saat ini juga hanya menggenangi badan jalan dan tidak sampai pada permukiman warga.

Jadi dari pantauan BPBD, juga tidak ada genangan di permukiman warga pasca hujan deras.

Saat ini Kota Pekanbaru belum masuk pada musim hujan. Pasalnya, hujan yang terjadi beberapa hari terakhir belum merata.

"Berdasarkan informasi dari BMKG kita belum masuk musim hujan, karena hujannya belum merata. Kita lihat hujannya kan masih terkotak-kotak, di daerah sini tapi di sebagian lainnya tidak hujan, jadi hujan ini belum merata," ungkapnya.

Menurutnya, jika sudah musim hujan kata Zarman, maka nanti juga akan ditetapkan siaga bencana Hidrometeorologi. Karena pada 31 Oktober lalu siaga bencan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sudah berakhir.

BPBD Kota Pekanbaru juga terus meningkatkan pengawasan di titik-titik rawan banjir.

Pengawasan dilakukan mengingat sejak bebepara pekan terakhir Kota Bertuah mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat.

"Dari pengawasan yang kita lakukan, sejauh ini belum ada pemukiman warga yang direndam banjir," kata Zarman Candra.

Ia tetap menghimbau warga khususnya di kawasan daerah aliran sungai untuk waspada dari genangan banjir ketika hujan dengan intensitas lebat.

"Kita dari BPBD juga siap siaga untuk melakukan penanganan di lapangan. Sebab dari informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), lanjut Zarman, saat ini Kota Pekanbaru sudah mulai memasuki musim hujan."

"Tapi hujan yang turun belum merata. Kadang di utara hujan, timur tidak. Tapi yang penting kita tetap waspada," ujarnya.

Zarman mengakui, sejauh ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat juga sudah melakukan berbagai upaya untuk pencegahan banjir.

"Salah satunya dengan mengeruk saluran pembuangan air dan anak sungai," terangnya. (rp.sul/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : banjir, pekanbaru, bpbd tingkatkan pengawasan, pekanbaru diguyur hujan, News Kota,