Pendidikan   2022/05/08 17:4 WIB

Disdik Pekanbaru Berlakukan Belajar Online, 'Selama Sepekan Kedepan'

Disdik Pekanbaru Berlakukan Belajar Online, 'Selama Sepekan Kedepan'
Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Drs H Muzailis MM

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru berlakukan belajar dalam jaringan (daring) selama satu pekan. Sesuai jadwal, peserta didik mulai belajar pada Senin (9/5/2022) besok.

"Pasca libur lebaran Idul Fitri 2022 siswa akan belajar daring dirumah selama sepekan."

"Setelah libur panjang ini kita masih khawatir kalau langsung tatap muka, kita melakukan antisipasi jangan sampai peserta didik terkonfirmasi (Covid-19)," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Drs H Muzailis MM, Minggu (8/5/2022).

Peserta didik masuk sekolah sesuai jadwal pada Senin besok. Namun, peserta didik akan mengikuti pembelajaran daring selama satu pekan untuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Menurutnya, saat libur panjang lebaran ini mobilitas masyarakat tinggi. Mayoritas mereka juga melakukan perjalanan mudik lebaran. Dikhawatirkan ada dari peserta didik yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Jika pembelajaran tatap muka langsung diterapkan, dikhawatirkan akan mempercepat penyebaran. Oleh sebab itu, selama satu pekan peserta didik mengikuti pembelajaran daring dari rumah sembari isolasi mandiri pasca perjalanan mudik.

Dinas Pendidikan melakukan evaluasi seiring pembelajaran daring diterapkan selama satu pekan. Peserta didik dijadwalkan kembali mengikuti pembelajaran tatap muka, Selasa (17/5) mendatang.

"Kalau tidak ada terkonfirmasi positif dari guru ataupun peserta didik, Selasa depan kita baru belajar tatap muka. Kita antisipasi covid-19," jelasnya.

Ia membenarkan peserta didik mulai aktif belajar Senin ini. Walaupun Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memutuskan memperpanjang liburan sekolah di momen libur Idulfitri selama 3 hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kemacetan arus mudik lebaran 2022.

"Kalau Pekanbaru tanggal 9 Mei sudah mulai belajar, cuma kita daring dulu," sebutnya.

Muzailis pun mengaku tengah menyiapkan Surat Edaran (SE) terkait pembelajaran daring yang dilakukan selama satu pekan ini. Pihaknya segera mengedarkan ke seluruh sekolah tingkat TK hingga SMP.

"Ini (SE) sedang di konsep. InsyaAllah hari ini diedarkan," ujarnya. (rp.sul/*)

Tags : Dinas Pendidikan Pekanbaru, Disdik Berlakukan Belajar Online, Belajar Online Selama Sepekan, Pendidikan,