Headline Tni - Polri   2022/05/08 16:53 WIB

Tim Gabungan Personel TNI, Polri, BPBD dan SAR Lakukan Evakuasi Puncak Lawang, 'Selamatkan Atlit Paralayang Saat Terbang Solo'

Tim Gabungan Personel TNI, Polri, BPBD dan SAR Lakukan Evakuasi Puncak Lawang, 'Selamatkan Atlit Paralayang Saat Terbang Solo'
Tim Gabungan Personel TNI, Polri, BPBD dan SAR melakukan evakuasi Puncak Lawang selamatkan atlit Paralayang saat terbang solo. (Foto. Kapentak RSN)

PEKANBARU - Tim gabungan pencarian kecelakaan (incident) paralayang dari personel TNI, Polri, BPBD, SAR dan masyarakat serta dibantu menggunakan drone berhasil menemukan atlit Paralayang di Venue Paralayang Puncak Lawang Nagari Lawang Kec.Matur, Kab.Agama Sumatera Barat, Sabtu 7 Mei 2022.

"Galih Gani Irawan (16 tahun) putra dari Wawan dievakuasi selamat saat melakukan terbang solo di Puncak Lawang."

"Pada saat kabut tebal melanda lokasi, sebagian pilot yang lain berusaha untuk landing, namun saat landing salah seorang korban tidak bisa melihat lokasi karena kabut tebal, komunikasi terakhir sekitar 18.30 melalui HT Freg 149.390," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE.

Pada hari Jumat tanggal 6 Mei 2022, salah seorang atlet Paralayang Galih Gani Irawan warga Lanud Roesmin Nurjadin melaksanakan terbang solo paralayang sekitar pukul 11.00 WIB, dengan kondisi saat itu berkabut tipis dengan cuaca cerah. Sekira pukul 11.45 korban hendak  landing kembali, tetapi tiba-tiba cuaca berkabut tebal dan hilang pedoman tempat mendarat. Sekira pukul 11.50 korban melaporkan melalui handy talky (HT) bahwa korban tersangkut pada pohon. Dan pukul 15.00 wib Korban melaporkan lowbatt HT dan  HP.

FOTO. KAPENTAK RSN

Tetapi Danlanud Rsn menjelaskan, pencarian pada waktu itu sempat dihentikan karena cuaca hujan, dan dilanjutkan pada hari Sabtu, 7 Mei 2022 diperkirakan 24 jam korban berada di hutan, dibantu menggunakan drone kira-kira pukul 16.00 WIB, "Alhamdulillah korban kecelakaan Paralayang berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, kemudian langsung  dibawa ke Puskesmas Matur," sebutnya.

"Ucapan terimakasih dan apresiasi kepada tim gabungan, terutama pemerintahan Sumatera Barat khususnya Bupati Agam Dr. H. Andri Warman, S.Sos., yang telah berupaya membantu tenaga dan fikiran untuk menemukan atlet paralayang dalam keadaan selamat," sambung Andi Kustoro SE yang juga sebagai Ketua Umum FASI Riau.

FOTO. KAPENTAK RSN

Danlanud mengharapkan kedepannya para atlet paralayang agar lebih berhati-hati, dan betul-betul memperhatikan keselamatan terbang. (rilis)

Sumber: Kapentak RSN

Tags : Tim Gabungan Personel TNI, Polri, BPBD dan SAR, Evakuasi Puncak Lawang, Tim Gabungan Selamatkan Atlit Paralayang Saat Terbang Solo ,