Pendidikan   2022/01/26 11:48 WIB

Disdik Pekanbaru Tidak Memaksakan Wali Murid Menjalani Vaksinasi Anak

Disdik Pekanbaru Tidak Memaksakan Wali Murid Menjalani Vaksinasi Anak
Ilustrasi

PEKANBARU - Vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun atau siswa Sekolah Dasar (SD) di Pekanbaru masih berlangsung.

"Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru menegaskan tidak ada paksaan bagi orang tua untuk anaknya menjalani vaksinasi."

"Orang tua atau wali murid bisa menolak jika memang tidak berkenan anaknya divaksin," kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Sekdisdik)Kota Pekanbaru, Drs. H. Muzailis MM.

Menurutnya, vaksinasi bukan menjadi syarat untuk bisa melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

"Kita masih sebatas imbauan. Artinya tidak ada paksaan, tergantung persetujuan orang tua. Kalau orang tua mau vaksin, ya kita vaksin. Tapi kalau tidak, ya tidak apa-apa," katanya, Selasa (25/1/2022).

Ia menegaskan tidak ada paksaan kepada orang tua jika anaknya tidak ingin divaksin Covid-19. Ia juga memastikan, jika anak tidak ikut vaksin bukan berarti tidak bisa masuk kelas. Mereka tetap bisa mengikuti pembelajaran seperti biasanya.

Ia juga membantah kabar yang beredar, bahwa anak yang sudah vaksin bisa ikuti PTM. Sementara yang tidak vaksin akan menjalani pembelajaran secara daring dari rumah.

"Itu belum ada ketentuannya. Seperti anak SMP kan sudah lama dimulai vaksinasinya. Tapi masih ada orang tua mereka yang tidak mengizinkan vaksin, namun anak mereka tetap bisa belajar seperti biasa. Sama dengan anak yang sudah vaksin," ungkapnya.

Muzailis menyebut, sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri bahwa PTM bisa dilakukan tidak terkait dengan peserta didik harus jalani vaksin.

"Untuk tatap muka itu tidak tergantung pada jumlah siswa yang sudah divaksin. Tetapi adalah jumlah guru, dan lansia yang sudah vaksin di daerah tersebut. Di SKB empat menteri itu tidak ada menentukan persentase siswa yang divaksin. Artinya tidak ada larangan anak untuk ikut PTM," jelasnya.

Sementara data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, ada 34.574 anak usia enam hingga 11 tahun yang sudah disuntik vaksin. Total ada 103.017 anak yang menjadi sasaran penerima vaksin. (*)

Editor: Syamsul Bachri

Tags : Disdik Pekanbaru, Vaksinasi Anak, Tidak Ada Paksaan Vaksinasi Anak,