Kesehatan   2023/05/15 9:48 WIB

Diskes Himbau Pasutri Cegah Sifilis dengan Pakai Kondom dan Tidak Selingkuh

Diskes Himbau Pasutri Cegah Sifilis dengan Pakai Kondom dan Tidak Selingkuh

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) Riau menghimbau pasangan suami istri (Pasutri) agar ikut mencegah penyakit Sifilis (raja Singa) dengan memakai kondom dan tidak selingkuh.

"Terungkap ada 122 kasus sifilis di Riau pada Januari-Mei 2023."

"Langkah pencegahan penyakit sifilis adalah dengan tidak berhubungan sex berganti-ganti pasangan dan memakai kondom saat berhubungan sex," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, dr Agrina Melia MKes memberikan tips pencegahan penyakit seperti dirilis mediacenter.riau.go.id, Minggu (13/5).

Temuan kasus sifilis di Riau dari penyebarannya paling banyak ditemukan di Kota Dumai mencapai 43 kasus.

Fakta ini membuat risau, sebab ada kemungkinan jumlah kasus meningkat. Karena ada penderita sifilis enggak untuk melakukan pemeriksaan.

Sifilis atau penyakit raja singa meruoakan infeksi bakteri banyak menyebar melalui kontak seksual beresiko. Biasanya juga disebabkan luka tanpa rasa nyeri pada alat kelamin, anus, atau mulut.

Penyebaran penyakit Sifilis bisa terjadi melalui kontak kulit atau selaput lendir dengan luka, serta dapat ditularkan dari ibu ke anak selama kehamilan.

Salah satunya tidak gonta ganti pasangan seks, atau bagi yang sudah berkeluarga jangan berselingkuh.

Ia juga menyarankan masyarakat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan. Gunanya mendeteksi dini dan mencegah penyebaran sifilis jika terdeteksi.

"Penanganan sifilis akan lebih baik jika didiagnosis sedini mungkin. Sehingga kami mengimbau masyarakat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi dini," ujarnya. (*)
 

Tags : penyakit sifilis, pasangan suami istri, pasutri cegah sifilis, pasutri pakai kondom dan tidak selingkuh,