News Kota   2023/11/19 18:39 WIB

Disketapang Pekanbaru Targetkan Pasar Murah di 22 Titik Kelurahan, 'yang Masih Rawan Pangan'

Disketapang Pekanbaru Targetkan Pasar Murah di 22 Titik Kelurahan, 'yang Masih Rawan Pangan'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Pekanbaru, menargetkan bisa menggelar pasar murah di 22 daerah rawan pangan.

Hal ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan menekan harga sejumlah komoditi yang tinggi di pasaran.

Gerakan Pangan Murah (GPM) dari Disketapang Pekanbaru ini menyediakan sejumlah kebutuhan pokok yang harganya jauh lebih murah dari pasaran. GPM ini sebelumnya sudah di gelar di lima wilayah rawan pangan.

"Jadi target kita sebelum natal dan tahun baru nanti, gerakan pangan murah atau GPM sudah digelar di 22 daerah rawan pangan yang ada di kota pekanbaru," ujar Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Disketapang Pekanbaru, Dinal Husna, Minggu (19/11/2023).

Dikatakannya, dalam beberapa bulan terakhir GPM sudah diselenggarakan di beberapa daerah rawan pangan. Antara lain di Kelurahan Bancah Lesung, Sialang Rampai, Pebatuan serta Kelurahan Tuah Negeri.

Dinal menyebut, meski komoditi yang dijual di GPM tidak bisa mengoreksi harga pasar, setidaknya masyarakat sekitar bisa terbantu untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

Sebab harga kebutuhan pangan yang tersedia disaat GPM dipastikan jauh di bawah harga pasar.

Menurutnya, tiap kali GPM digelar selalu mendapat respon yang baik dari masyarakat. Hal ini ditandai dengan selalu habisnya seluruh komoditi yang dijual.

"Seperti cabai, bawang merah, beras dan juga minyak goreng dan telur itu selalu habis tidak bersisa. Antusias masyarakat tinggi," katanya.

Sebelumnya pelaksanaan GPM kata Dinal, pihaknya sudah melaksanakan survei lapangan terhadap harga sejumlah komoditas.

Contohnya, untuk beras SPHP, di pasar di jual seharga Rp58 ribu, pada GPM ini dijual seharga Rp53 ribu per kilogram atau selisih Rp5 ribu per kilogram.

Selanjutnya, harga bawang, juga relatif murah, bila di pasar per kilogram dijual seharga Rp22-24 ribu, maka pada pelaksanaan GPM ini harga jauh turun, yakni seharga Rp15 ribu per kilogram atau selisih berkisar Rp7 ribu per kilogram.

Selanjutnya, untuk minyak goreng Minyakita, pada GPM kali ini dijual seharga Rp13 ribu atau lebih murah Rp1 ribu dibandingkan harga pasar.

Adapun harga gula pasir yang beberapa pekan terakhir melonjak, pada GPM ini dijual seharga Rp14 ribu, sementara di pasar dan eceran rata-rata berkisar Rp16 ribu hingga Rp16.500 per kilogram.

Tags : Dinas Ketahanan Pangan, Disketapang Pekanbaru, Pasar Murah, Daerah Rawan Pangan, News Kota,