News Kota   2023/04/10 21:43 WIB

Disperindag Turunkan Tim Jelang Lebaran, 'untuk Awasi Peredaran Minuman Kaleng yang Beredar di Pasaran'

Disperindag Turunkan Tim Jelang Lebaran, 'untuk Awasi Peredaran Minuman Kaleng yang Beredar di Pasaran'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan UKM Riau akan menurunkan tim ke lapangan untuk pengawasan minuman kaleng yang beredar di pasaran jelang Lebaran Idul Fitri 2023 ini.

"Peredaran minuman kaleng diawasi agar aman dikonsumsi."

"Kita akan lakukan pengawasan terhadap barang beredar minuman kaleng, itu nanti kita cek," kata Kadisperindag Riau, Taufik OH seperti dirilis mcr, Senin (10/4).

Pengawasan dari Disperindag Riau ini untuk memastikan minuman kaleng yang beredar dipasaran aman dikonsumsi.

Menurutnya, jelang Lebaran Idul Fitri, keberadaan minuman kaleng banjir dipasaran. Berbagai jenis dan merek minuman kaleng pun beredar bebas.

Bahkan tidak hanya produksi dari dalam negeri, banyak juga minuman kaleng yang diimpor dari luar negeri.

Untuk itu, pihaknya selaku lembaga pemerintah berkewajiban memantau kondisi ini agar tidak menjadi masalah bagi masyarakat selaku konsumen.

"Pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi beredarnya minuman kaleng yang tidak layak konsumsi jelang lebaran nanti," tuturnya.

Petugas nantinya akan mengecek minuman kaleng tersebut apakah memiliki izin edar atau tidak. Termasuk kandungan alkohol dan tanggal kadaluarsanya.

"Barang yang beredar, termasuk minuman kaleng itukan ada aturan-aturan yang harus dipenuhi. Apalagi kalau barang impor, tentu harus dicek juga kandungan alkoholnya, itu nanti akan kita lakukan pengawasan," pungkasnya. (*)

Tags : minum kaleng, pekanbaru, peredaran minuman kaleng diawasi, tim disperindag awasi peredaran minuman kaleng, minuman kaleng diawasi jelang lebaran, idul fitri 1444 hijriyah, news kota,