News Daerah   2023/04/10 21:28 WIB

Gubernur Syamsuar Tinjau Jalan Lintas Inhu-Inhil Diperbaiki, 'karena Banyak Rusak Dihantam Truk Tonase Berat'

Gubernur Syamsuar Tinjau Jalan Lintas Inhu-Inhil Diperbaiki, 'karena Banyak Rusak Dihantam Truk Tonase Berat'
Gubri Syamsuar tinjau jalan lintas Inhu-Inhil

INHU, RIAUPAGI.COM - Jalan lintas di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dan Inhil diperbaiki yang langsung ditinjau Gubernur Riau, Syamsuar didampingi Kadis PUPR PKPP Riau, M Arief Setiawan.

"Jalan Lintas Inhu-Inhil rusak karena banyak dilalui truk tonase besar."

"Tadi kita telah meninjau jalan-jalan buruk dan ini sekarang sedang dikerjakan, mudah-mudahan tahun ini akan cepat selesai," kata Gubernur Syamsuar, Senin (10/4).

Gubri mengatakan, terdapat dua unit grader dari Pemprov Riau yang sedang melakukan perbaikan jalan di Desa Pulau Galang, Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu yang merupakan Jalan Lintas menuju Inhil.

"Peninjauan perbaikan jalan ini tentunya sebagai langkah dan upaya Pemprov Riau dalam mengatasi permasalahan jalan buruk di setiap daerah," sebutnya.

Syamsuar menambahkan, perbaikan terus dikerjakan setiap harinya dan diharapkan juga tahun ini akan cepat terselesaikan.

Gubri menjelaskan, pihaknya juga meninjau pembangunan turap di Kuala Cenaku yang kerap terkena longsor. Selain itu, dilaksanakan sidak terhadap pelabuhan perusahaan batu bara yang ada di sekitaran Kuala Cenaku.

"Saya juga memberikan arahan pembuatan turap tahun depan. Saya telah meninjau juga pelabuhan-pelabuhan batu bara, ini tentunya hasil kunjungan kami ada tindak lanjut yang akan dibicarakan bersama," jelasnya.

Gubri menyayangkan banyaknya mobil-mobil bertonase besar yang melebihi kapasitas melintasi di jalan tersebut.

Menurutnya kerusakan jalan Provinsi tersebut, akibat truk yang membawa beban tonase over kapasitas. Apalagi di wilayah Inhu dan Inhil ini, truk batu bara yang membawa beban sampai 30 ton.

"Terkait mobil pengangkutan yang muatannya lebih dari kapasitas, sebetulnya ada di kenakan sanksi. Namun, Dishub kan tak bisa juga setiap hari memberikannya. Terkait itu kita akan tindak lanjuti bersama, dan kalau masih tidak bisa menyelesaikan masalah nanti akan kita panggil perusahaan itu," bebernya.

"Seluruh UPT serentak memperbaiki kerusakan jalan, saya mengharapkan seluruh jalan yang rusak bisa fungsional," katanya. (*)

Tags : gubernur riau, gubri syamsuar tinjau jalan lintas Inhu-Inhil, jalan lintas diperbaiki, jalan lintas rusak karena truk tonase besar, news daerah,