Headline News Kota   2024/01/29 13:3 WIB

Disperindagkop UKM Buat Pasar Murah dengan Alokasikan Anggaran Rp1,3 Miliar, 'Harga Sembako jadi di Bawah Harga Normal'

Disperindagkop UKM Buat Pasar Murah dengan Alokasikan Anggaran Rp1,3 Miliar, 'Harga Sembako jadi di Bawah Harga Normal'

PEKANBARU,RIAUPAGI.COM - Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM (Disperindagkop UKM) Riau, M Taufiq OH menyebutkan Pemprov Riau akan mengalokasikan anggaran Rp1,3 miliar untuk kegiatan pasar murah selama tahun 2024.

"Disperindagkop UKM buat pasar murah selama 2024."

"Sebagai upaya menjaga stabilitas harga sembako dan menurunkan inflasi, Pemprov riau menganggarkan Rp1,3 miliar untuk pasar murah di kabupaten/kota," kata M Taufiq OH, Senin (29/1/2024).

Dikatakannya, untuk lokasi pelaksanaan pasar murah, pihaknya belum menentukan. Namun, akan diutamakan pada daerah yang terjadi inflasi.

"Tujuannya kan untuk mengintervensi inflasi, jadi nanti akan digelar pada daerah yang sedang terjadi inflasi, supaya harganya dapat normal," ungkapnya.

Dengan anggaran tersebut, lanjut Taufiq, pihaknya menargetkan akan melaksanakan pasar murah di beberapa titik.

Nantinya, selain menggunakan Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Riau, pasar murah juga didukung dengan dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Jadi selain menggunakan APBD kita juga nantinya mendapatkan dukungan dari APBN. Jika nantinya anggaran untuk kegiatan pasar murah sudah habis, namun masyarakat masih memerlukan intervensi dari pemerintah untuk menurunkan inflasi. Maka bisa mengajukan anggaran untuk melaksanakan kegiatan serupa melalui dana biaya tak terduga (BTT)," tutupnya.

Tags : pasar murah, disperindagkop UKM buat pasar murah, pasar murah selama 2024, pemprov anggarkan rp1, 3 miliar untuk pasar murah, News Kota,